Andrie, Pelukis Tunarungu Dari Bangodua Indramayu

Andrie sedang melukis sketsa (Dok. Ekslusif Andrie)

Nama lengkapnya Wasandri tapi rekan-rekannya lebih mengenal dia dengan sebutan Andrie Jenggo. Sebutan Jenggo karena dirinya sering memanjangkan rambutnya. Andri merupakan putra dari Bapak Nuryanto dan Ibu Saitem Desa Malangsari Blok Temulawak Kecamatan Bangodua Kabupaten Indramayu. 

Dia sebenarnya terlahir sempurna, cuma pada saat usianya 7 tahun dia mengalami sakit dan dibawa ke Rumah Sakit tetapi setelah pulang dari Rumah Sakit dirinya tidak lagi bisa mendengar. Sudah berobat dan menggunakan alat bantu dengar pun tetapi tetap saja tidak bisa mendengar lagi.
Andrie (Dok. Ekselusif Andrie)


Awalnya dia bersekolah di sekolah dasar biasa tetapi setelah mengalami keterbatasan dalam pendengaran akhirnya sekolah di SLB Gandasari Jatibarang. Tetapi dia hanya bertahan hingga kelas 3 SLB dan tidak lagi melanjutkan sekolah lagi karena ikut orang tuanya berjualan sayuran di Tangerang. 
Lukisan Bung Karno (Dok. Andrie)

Di tengah aktivitas orang tuanya berdagang dia mulai menyalurkan hobinya yakni melukis. Tidak ada yang mengajari dia melukis dia hanya belajar otodidak hingga sekarang. Dari hobinya tersebut dia sudah melukis berbagai gambar sketsa untuk teman-temannya. Sayangnya mereka hanya meminta digambar tetapi tidak memberikan sepeserpun alias gratis. 

Beruntung setelah dia dewasa, ditengah kemajuan teknologi Andrie bisa menggunakan media sosial Facebook untuk berinteraksi dan belajar dari orang lain. Dia pun bisa bergabung dengan grup Pelukis Indonesia dan dari situlah dia belajar menggambar realis. Sebelumnya dia hanya menggambar sketsa saja. 
Kumpulan karya Andrie (Dok. Ekslusif Andrie)

Pria kelahiran 18 April 1992 yang masih single ini sudah mulai menggambar sejak umur 5 tahun dan masih menggambar hingga saat ini. Sayangnya dia belum menerima orderan dari luar kota karena dirinya tidak memiliki rekening atas namanya sendiri. 

Dia mengatakan kepada kami ingin sekali memiliki rekening atas namanya sendiri tapi kalau sudah memiliki uang dan dirinya bisa menerima pesanan gambar realis atau pun sketsa dari teman-teman melalui media sosial Facebook Andrie baik dari Indramayu atau dari luar Indramayu. 
Gambar Presiden Jokowi yang belum selesai karya Andrie (Dok. Ekslusif Andrie)

Dibalik keterbatasan seseorang ternyata memiliki sesuatu kelebihan yang luar biasa. Oleh karena itu kenali diri kita sendiri sehingga menjadi potensi diri yang bisa membanggakan diri sendiri dan keluarga serta bermanfaat untuk orang banyak.
Description
: Andrie, Pelukis Tunarungu Dari Bangodua Indramayu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Andrie, Pelukis Tunarungu Dari Bangodua Indramayu

0 komentar:

Post a Comment