Desa Majasari Gelar Workshop Menggali Uang dari Internet

Sunday, January 15, 2017
Peserta Workshop Menggali Uang dari Internet di Desa Majasari

Pemerintah Desa Majasari kembali membuat gebrakan dalam hal menumbuhkan minat baca dan keikutsertaan masyarakat dalam hal literasi secara online untuk pemuda dan pemudi di Desa Majasari dan sekitarnya. Kali ini Perpustakaan Desa Majasari Kecamatan Sliyeg Indramayu mengadakan workshop yang bertema “Menggali Uang dari Internet”. 

Para peserta mayoritas adalah anak-anak muda, mereka diajak untuk memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif terutama untuk menghasilkan pendapatan atau uang. Ada banyak hal yang bisa didapat dari menggunakan internet secara positif seperti ngeblog, jual beli online, menjadi youtuber, menjual logo dan lain sebagainya.

Kepala Desa Majasari sedang memberikan sambutan

Pada kesempatan ini acara yang dibuka secara langsung oleh Kuwu Desa Majasari Bapak Wartono,S.Pd., M.Si ini berpesan kepada anak-anak muda agar bisa memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya. Sehingga bisa memajukan dan membangun desanya masing-masing. 

Acara yang dipandu oleh Erwin Wiguna diawali sambutan dari Ketua Panitia yakni Aas Adiwijaya yang mengundang pembicara Didno dan Guntur Sapta Perkasa. Pada kesempatan ini Didno blogger yang juga seorang guru di SMP Negeri 1 Gabuswetan ini menjelaskan berbagai hal tentang Menggali Uang dari Blog

Ada banyak penghasilan dari blog dari pemasangan iklan, pay per post (tulisan berbayar), freelance writer (penulis lepas), buzzer, mengikuti lomba blog dan lain-lain. Untuk mendapatkan penghasil tersebut blognya harus dibuat dengan konten menarik tentu jangan menyalahi aturan yang berlaku. 
Kang Didno dan Guntur Sapta Perkasa sebagai pembicara

Kang Didno juga menjelaskan platform terbaru yang bernama UC News dimana setiap tulisan dari blogger atau penulis akan mendapatkan bayaran berdasarkan pageview (jumlah halaman yang dilihat oleh pembaca). Platform ini tentu sangat menarik bagi blogger baik pemula atau yang sudah senior. 

Sementara itu pembicara yang lain yakni Guntur Sapta Perkasa menjelaskan tentang cara mendapatkan penghasilan dari jual beli online. Pada kesempatan ini Kang Guntur panggilan akrabnya memberikan materi tentang cara berjualan online. 

Dia memberikan cara dari membuat beberapa blog untuk mendukung jual beli online dan pendapatan adsensenya, juga menggunakan macro recorder agar postingannya di toko online seperti Tokopedia, atau Bukalapak secara otomatis. Padahal dia bisa menjalankan pekerjaan yang lain. 

Selain itu dia juga menjelaskan bagaimana cara mencari kata kunci yang sedang trend di Google agar bisa dimanfaatkan oleh penjual supaya dagangannya laris. Kang Guntur juga tetap memanfaatkan media sosial seperti facebook untuk memperkenalkan produk jualannya. 

Setelah sesi tanya jawab dengan peserta acara workshop pun berakhir dan peserta pun diajak foto bersama dengan pembicara. Semoga kegiatan workshop atau pelatihan menggali uang dari internet ini bisa dilaksanakan di berbagai desa di Indramayu, agar pemuda-pemudi di Indramayu lebih produktif dan memanfaatkan internet dengan baik.

1 komentar on Desa Majasari Gelar Workshop Menggali Uang dari Internet