AMIK Purnama Niaga Gelar Workshop IT Preneur Tentang Blog

Workshop IT Preneur di AMIK Purnama Niaga Indramayu

BEM AMIK (Badan Eksekutif Mahasiswa Akademi Manajemen Informatika dan Komputer) Purnama Niaga Indramayu baru saja menggelar acara Workshop Enterpreneur. Kali ini membahasa tentang IT (Information and Technology) atau yang biasa disingkat IT Preneur. 


AMIK Purnama Niaga Indramayu yang terletak di Jl Ir. H. Djuanda No.256 A Indramayu sebelah timur Bundaran Kijang dengan nomor telepon 0234274464 ini ingin mengajak para mahasiswanya menjadi seorang enterpreneur atau wirausaha terutama sesuai dengan jurusan yang ada di tempat kuliah ini yakni D3 Manajemen Informatika. 


Pada kesempatan ini BEM AMIK Purnama Niaga yang dikomandoi oleh Daryono, mengundang pembicara yang sudah malang melintang dalam dunia perbloggeran yang juga Ketua Komunitas Blogger Indramayu yakni Didno, S.E. Acara kali ini dihadiri oleh sekitar 40-an peserta yang datang dari internal kampus dan juga beberapa dari luar kampus. 

Kang Didno panggilan akrab Didno, menjelaskan manfaat dari ngeblog. Diharapkan para mahasiswa dapat memanfaatkan waktunya untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat salah satunya dengan menulis melalui blog. 

Untuk menulis di blog sebenarnya sangat mudah, para mahasiswa diajak untuk menulis hal-hal yang dilihat, didengar, dirasakan dan juga bisa melalui ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Tetapi perlu diingat ada hal-hal dimana kita harus menghargai karya orang lain. Maka jika kita mengambil tulisan atau gambar dari orang lain disarankan untuk menuliskan sumbernya. 

Mahasiswa dan mahasiswi sedang memperhatikan ulasan tentang blog
Selain itu Kang Didno juga mengajak para mahasiswa untuk mencoba platform baru yakni UC News Indonesia. Platform ini memungkinkan penulis atau blogger selain bisa mendapatkan pageview yang tinggi juga akan mendapatkan insentif. Saat ini masih dalam tahap pengembangan sebelum diluncurkan secara global untuk semua penulis atau blogger Indonesia. 

Para mahasiswa diajak untuk menjadi orang yang kreatif dan inovatif dalam berbagai hal yang bisa membanggakan Indramayu. Karena selama ini kesan negatif itu masih melekat terutama kepada kaum hawa di Indramayu. Maka tugas kita bersama untuk menghilangkan image negatif itu terutama di dunia maya melalui tulisan. 

Di Indramayu masih banyak sekolah dan perguruan tinggi yang belum memanfaatkan mesin pencari Google untuk meningkatkan kata kunci yang posiitif terutama bagi sekolah dan perguruan tingginya. Padahal dengan menggunakan kata kunci tertentu maka akan semakin banyak orang yang mengetahui tentang sekolah atau perguruan tinggi tersebut. 

Ada banyak penyedia jasa layanan blog baik lokal maupun internasional seperti blogdetik, kompasiana, wordpress, blogger, tumblr dan lain-lain. Selain itu ada juga kategori blog yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa sesuaikan dengan passion (hasrat) dan kemampuannya. 

Ada berbagai pilihan kategori blog yang bisa dipilih ada kategori blog pribadi, gadget dan teknologi, lifestyle (Gaya hidup), entertainment (hiburan), olahraga, otomotif, dan lain sebagainya. Setelah blog yang kita miliki ramai pengunjungnya maka otomatis blog kita akan terdeteksi oleh Google. Oleh karena itu disarankan untuk menulis konten yang bermanfaat terlebih dahulu. Kontennya diharapkan original atau asli. 

Ada beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog, ada dengan cara memasang script pay per click, pay per post, pay per action, buzzer, afiliasi, jual beli online dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu ada juga beberapa penyedia layanan untuk mendapatkan pundi uang atau dolar seperti Google Adsense, Adversal, Media, Chitika, Idblognetwork, accesstrade, iblogmarket, dan lain-lain. 

Pada sesi akhir ada sesi tanya jawab, beberapa peserta masih ada yang menanyakan tentang bedanya domain dan hosting, apakah ada domain gratisan, dan lain sebagainya semua dapat terjawab oleh Kang Didno sehingga para peserta workshop bisa memahaminya. Sebelum berakhir ada sesi foto bersama peserta workshop dengan pembicara tunggal Didno, SE.

Description
: AMIK Purnama Niaga Gelar Workshop IT Preneur Tentang Blog
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: AMIK Purnama Niaga Gelar Workshop IT Preneur Tentang Blog

0 komentar:

Post a Comment