-->

Indramayu Cetak Sejarah Dalam Pelaksanaan PON XIX

Sep 5, 2016
Pengambilan Api PON dari Majakerta Balongan 

Indramayu menjadi pusat perhatian dari para penggemar olahraga Indonesia karena Indramayu menjadi awal mula pelaksanaan PON XIX dan Peparnas XV tahun 2016. Indramayu dipilih sebagai tempat pengambilan api pon dari sumber api alam yang berasal dari Desa Majakerta Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu Senin (05/10/2016). 


Api PON yang berasal dari sumber api alam diambil oleh Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman dan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah tepat pukul 7.00 yang selanjutnya diserahkan kepada Kopda Yulianto bersama dengan pasukan gabungan kemudian diarak menuju Alun-Alun Indramayu. 


Sesampainya di Alun-Alun Indramayu api PON tersebut dibawa oleh atlet berprestasi yang berasal dari Indramayu yakni Sukarya dari cabang olahraga tinju, terakhir mengikuti kejurnas dengan memperoleh medali emas dan Aminah atlet berkebutuhan khusus dari cabor tenis meja terakhir mengikuti PON di Kalimantan Timur. 

Setelah diserahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani selanjutnya api PON diserahkan kepada legenda atlet dari Kabupaten Indramayu yakni Darma dari cabor angkat berat dengan prestasi 9 kali juara nasional, 4 kali juara PON, dan 1 kali juara Asia. 

Selain mereka api PON juga diserahkan kepada Suprayitno atlet berkebutuhan khusus dari cabor atletik terakhir mengikuti Sea Games di Kobe Jepang pada tahun 1989 untuk selanjutnya dilakukan estafet perjalanan menuju Kota Cirebon. 

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menjelaskan, bahwa dirinya bersama warga Indramayu merasa bangga karena Kabupaten Indramayu menjadi bagian penting dari pelaksanaan PON kali ini bahkan sejarah pelaksanaan PON yang diawali dari Kabupaten Indramayu. Kebanggan itu bertambah setelah 3 cabang olahraga ditetapkan akan digelar di Kabupaten Indramayu yakni cabor layar di pantai Balongan dan cabang olahraga Renang bebas dan selam di pantai Tirtamaya. 

Kita berharap catur sukses yang diharapkan semua pihak bisa terwujud yakni sukses prestasi, sukses pelaksanaan, sukses perekonomian, dan sukses administrasi bisa dirasakan oleh semua pihak, demikian ucap Anna. 

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Menteri Puan Maharani mengatakan bahwa pelaksanaan PON di Jawa Barat yang diawali dari Kabupaten Indramayu ini sangat luar biasa karena pemerintah daerahnya dan masyarakat memberikan dukungan yang all out dan sangat luar biasa. Dikutip dari Humas dan Protokoler Kabupaten Indramayu.

0 komentar:

Post a Comment test