Antusiasnya Peserta Pelatihan Blog di Indramayu

Saturday, September 3, 2016
Pelatihan blog di Indramayu (Foto Samud)

Indramayu mulai menggeliat dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Ini dibuktikan dengan digelarnya pelatihan blog untuk pembelajaran ICT dan menambah penghasilan yang menarik minat masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini. 

Sekitar seratusan peserta mengikuti Pelatihan Blog tersebut yang datang dari berbagai penjuru Indramayu dan juga daerah lain dengan berbagai latar belakang pendidikan, dan pekerjaan mengikuti kegiatan pelatihan blog ini.

Kegiatan pelatihan blog yang diadakan di Ruang Ki Tinggil Kompleks Pendopo Kabupaten Indramayu ini digagas oleh KOGTIK Indramayu bekerjasama dengan Komunitas Blogger Indramayu dengan menggandeng pembicara-pembicara ternama dari Indramayu dan juga blogger nasional seperti Wijaya Kusuma dan Kang Arul
Kang Didno sedang memberikan materi

Berbagai tema menarik diulas dalam kegiatan pelatihan blog kali ini. Pemateri pertama saya sendiri (Didno, S.E) yang mengulas tentang manfaat blog. Blog sebenarnya mempunyai banyak manfaat diantaranya untuk media pembelajaran, sarana komunikasi, meningkatkan kecerdasarn otak, melatih ketrampilan menulis, menambah teman, mendatangkan rejeki dan masih banyak lagi lainnya. 

Banyak peserta yang tertarik dengan menulis di blog karena selain ingin berbagi cerita dan pengalaman kepada orang lain juga untuk mendapatkan penghasilan. Beberapa penghasilan yang didapat dari blog seperti dari iklan, afiliasi, buzzer, mengikuti lomba blog dan lain-lain. 

Om Jay sedang memberikan materi blog di Indramayu

Selain itu materi kedua Om Jay atau Wijaya Kusuma menyampaikan Blog Untuk Pembelajaran. Dia memanfaatkan blog untuk kegiatan belajar mengajar di luar sekolah. Om Jay juga menceritakan pengalamannya dengan blog dari banyaknya penghargaan mengikuti lomba blog hingga kemampuannya menulis berbagai buku dari aktivitasnya sebagai blogger. 

Pemberian kenang-kenangan kepada Kang Arul

Materi yang banyak mendapat perhatian dari peserta adalah materi dari Kang Arul. Dengan gayanya yang khas, Kang Arul menjelaskan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Kang Arul menceritakan penglamannya menulis di blog. 

Selain itu Kang Arul mencoba menjelaskan memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan seperti buzzer dari akun twitter dan Instagram. Karena sekarang banyak blogger yang dibutuhkan oleh brand banyak hanya sekedar persoalan biaya promosi yang tinggi di media seperti televisi tetapi juga karena brand meninginkan banyak backlink dari situsnya sehingga pencarian di Googlenya di halaman pertama. 
Ifos sedang memberikan materi tentang cara pembuatan blog

Setelah istirahat, makan dan shalat, peserta melanjutkan pelatihannya hingga sesi terakhir yakni dari Ifos atau Sofiyudin. Dia meminta seluruh peserta untuk praktek pembuatan blog. Sehingga seluruh peserta diharapkan setelah pulang dari pelatihan ini mereka bisa membawa oleh-oleh blog. 

Pada kesempatan ini Gerry dari Qwords.com juga menjelaskan tentang program sejuta domain gratis bekerjasama dengan Kominfo. Sejuta domain gratis ini untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah), sekolah, pesantren, dan desa. 
Gerry dari Qwords.com 

Kegiatan pelatihan blog ini didukung oleh banyak pihak seperti Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu, Telkom Indonesia cabang Indramayu, Qwords.com, Kayu Putih Studio, Raihan Digital, Kaos Kafka, dan Diwarung.com.

0 komentar:

Post a Comment test