-->

10 Hal Menarik Dari Majasari Desa Terbaik Indonesia 2016

Sep 28, 2016
Balai Desa Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu

Manajemen atau pengelolaan dari suatu desa oleh seorang kepala desa agar desanya lebih maju dan masyarakatnya sejahtera tentu menjadi tujuan banyak dari kepala desa di Indonesia. Berbagai cara dilakukan oleh kepala desa beserta apartur desa dan warganya untuk menciptakan desa yang sehat, tertib, aman, dan sejahtera. 

Hal tersebut dilakukan oleh Kuwu (Kepala Desa) Desa Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu yakni Wartono, S.Pd, M.Si dalam mengelola desanya sehingga desanya mendapatkan prestasi yang membanggakan yakni sebagai Juara 1 Lomba Desa tingkat Nasional tahun 2016.

Pintu Gerbang ke Desa Majasari

Di masa jabatannya yang kedua ini, Kepala Desa Majasari ini meraih berbagai penghargaan dari Juara 1 Lomba Desa tingkat Kabupaten, Juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat hingga Juara 1 Lomba Desa Tingkat Nasional tahun 2016. 

Tentu banyak orang yang penasaran dengan desa Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu yang mendapatkan penghargaan sebagai Juara 1 Lomba Desa Tingkat Nasional tahun 2016.

Berikut 10 Hal Menarik dari Desa Majasari yang mendapatkan Juara 1 Lomba Desa Tingkat Nasional tahun 2016 :

    Ruang Pertemuan di dalam balai desa Majasari
  1. Desa yang unggul dalam bidang pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. Desa Majasari dianggap sebagai desa yang memiliki keunggulan yang lengkap yang dinilai oleh tim juri dari berbagai aspek seperti pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. Termasuk lembaga-lembaga desa seperi BPD, LPMD, Kelembagaan Pokmas dan partisipasi masyarakat.
  2. Memiliki Perdes TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Desa Majasari merupakan salah satu desa di Indonesia yang memiliki peraturan desa tentang perlindungan TKI/TKW. Setiap warga yang akan bekerja ke luar negeri harus menandatangi kesepakatan antara keluarga yang ditinggalkan, Penyalur tenaga kerja dan kepala desa. Sehingga dikemudian hari tidak ada permasalahan yang timbul baik saat keberangkatan, di tempat bekerja hingga pada saat kembali ke tanah air. TKI diharapkan bisa menjaga nama baik desa, kabupaten hingga negara di negeri orang. 
  3. Rumah Edukasi TKI
  4. Memiliki Rumah Edukasi TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Di rumah edukasi itu terdapat pendidikan dan ketrampilan bagi calon TKI, juga ada sekolah khusus bagi anak-anak TKI. Selain itu, konsep pembangunan infrastruktur desanya juga maju dengan partisipasi masyarakat desa yang aktif termasuk tenaga kerja yang berada di negara lain. Mereka yang sudah tidak bekerja lagi di luar negeri dan kembali ke Desa Majasari kemudian membentuk kelompok usaha bersama Komunitas TKI Purna Mandiri dan TKI Purna Sejati yang kini sudah memiliki mobil untuk untuk kegiatan usaha dan sosial. 
  5. Mampu Menurunkan Angka Kemiskinan. Pada tahun 1983 desa Majasari merupakan desa IDT (Inpres Desa Tertinggal) karena angka kemiskinannya berada pada angka 40%. Tetapi kini desa Majasari berhasil menurunkan tingkat kemiskinannya di desanya pada angka 8,24%. Sementara tingkat kemiskinan Nasional berada di atas angka 10%, dan di Kabupaten Indramayu sendiri tingkat kemiskinannya di atas 12%. 
  6. Pertigaan Menuju ke Balai Desa Majasari
  7. Kesadaran akan kebersihan dan gotong-royong warganya yang tinggi. Setiap warga diwajibkan membuang sampah di tempatnya. Di depan rumah setiap warga memiliki tempat sampah organik dan non organik. Selain itu sampah organiknya diolah oleh warganya menjadi pupuk yang digunakan untuk toga (Tanaman obat keluarga) yang ada di beberapa tempat di pekarangan warga. Mereka juga bergotong-royong dalam kegiatan atau acara desa dan di bidang lain seperti pertanian dan peternakan.  
  8. Memiliki Cluster Ekonomi Usaha. Desa Majasari mayoritas penduduknya adalah bertani. Ada ratusan hektare sawah di desa Majasari yang memiliki cluster ekonomi usaha produktif berbasis pertanian. Selain itu Desa Majasari memiliki cluster ekonomi usaha yakni mengolah daging sapi menjadi produk makanan seperti bakso, Abon, nugget dan lain sebagainya. Selain itu ada juga pengelolaan tas tali kur, kerupuk, keripik pisang, bros dan lain-lainnya. Begitu juga dengan para pemuda yang tergabung dalam karang tarunanya sedang menggerakan usaha seperti sablon kaos, dan jual beli produk khas dari Majasari secara online dan offline. 
  9. Perpustakaan Desa
  10. Miliki Perpustakaan yang Dilengkapi Dengan Akses Internet. Belum banyak balai desa yang memiliki perpustakaan. Tetapi desa Majasari memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang cukup lengkap untuk ukuran suatu desa. Perpustakaan ini tidak hanya berada di lingkungan Balai Desa tetapi juga berkeliling ke pelosok desa menggunakan sepeda motor khusus yang dilengkapi dengan buku dan juga komputer yang terkoneksi dengan internet. Di beberapa titik bahkan diberi akses WiFi gratis yang bisa dimanfaatkan untuk video streaming atau video call dengan keluarganya yang berada di luar negeri. Pengelolaan Perpustakaan desa ini sudah mendapat pengakuan dan penghargaan dari pihak Pemerintah Kabupaten Indramayu bahkan juara III Lomba Perpustakaan Desa dan Kelurahan tingkat Nasional tahun 2014 lalu. 
  11. Pengelolaan BUMDes yang baik. Keunggulan desa Majasari yang lainnya adalah dalam hal pengelolaan BUMDes. BUMDes Majasari menggandeng pihak perbankan melalui program penggemukan sapi untuk keluarga TKI. Dari semula hanya 22 ekor kini sudah menjadi 200 ekor. Bahkan program penggemukan sapi di desa Majasari ini sedang diikutsertakan dalam lomba kelompok ternak berprestasi tingkat propinsi Jawa Barat.
  12. Pos Yandu Desa Majasari
  13. Peduli Dengan Kesehatan dan Lingkungan. Pemerintah desa Majasari peduli dengan warganya. Salah satunya dengan diadakan program GERTAK PSN (Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk). Gerakan yang dilaksanakan dari rumah ke rumah warga tersebut berisi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sekaligus praktik langsung bagaimana cara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus yakni Menguras bak air/bak mandi, Menutup penampungan air, Mengubur barang bekas, Plus Membubuhkan bubuk abate pada penampungan air, Plus Memakai obat anti Nyamuk. Desa Majasari merupakan salah satu desa yang menolak fogging di lingkungan warganya. Karena bahayanya bagi kesehatan seperti keguguran, sesak nafas, racunnya tidak hilang dan menempel di tembok rumah selama berberapa tahun. Selain itu Pos Yandu desa Majasari sudah terorganisir dengan baik dengan berbagai programnya. 
  14. Aas Adiwijaya Pengelola Website desa Majasari
  15. Desa yang Aktif Dalam Mengelola Website Desanya. Desa Majasari ini memiliki website yang dikelola sendiri oleh aparatur desanya yang juga aktif mengelola perpustakaan desa Majasari. Website desanya dianggap paling aktif diantara website-website desa yang ada di wilayah Indramayu dan di Jawa Barat. 
Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Semoga desa Majasari menjadi inspirasi bagi para kepala desa yang ada di Indonesia untuk bisa menciptakan desa yang terbaik dan bisa mensejahterakan warganya.

9 komentar for 10 Hal Menarik Dari Majasari Desa Terbaik Indonesia 2016:

  1. Selamat kpd Kades dan seluruh warganya atas presatasi yg sangat membanggakan. Smg bisa menginspirasi smua desa di Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Luar biasa...semoga desa-desa wilayah NTT dapat membangun seperti ini agar desanya dapat maju

    ReplyDelete
  3. Keren Selamat ya Pa....LANJUTKAN.....

    ReplyDelete
  4. membanggakan masyarakat Indramayu

    ReplyDelete
  5. semoga memotivasi desa yang lain untuk bisa menjadi lebih baik .desa majasari rapih sangat bagus menjadi percontohan nasional

    ReplyDelete

  6. ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
    ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
    ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝
    Semoga desa kami juga bisa seperti itu

    ReplyDelete