Nurkholidin Langganan Juara Debat Tingkat Nasional Dari Indramayu

Sunday, July 10, 2016
Nurkholidin mahasiswa UNPAD (Foto : Facebook Pribadi) 

Namanya Nurkholidin, sekarang sedang duduk di Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip UNPAD (Univeritas Padjajaran) Bandung semester 8. Sebagai mahasiswa tentu disibukkan dengan berbagai kegiatan di tempat kuliahnya dari belajar hingga berorganisasi. 


Mahasiswa yang berasal dari Desa Parean Girang Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu ini tentu memiliki kelebihan dalam berbagai bidang sejak tingkat SMA. Dia berhasil menjadi juara Olimpiade Sains Nasional bidang kebumian sebanyak dua kali dan mewakili Indramayu ke tingkat provinsi, selain itu dia juga pernah menjabat Ketua OSIS SMA Negeri 1 Kandanghaur dan aktif di aliansi OSIS se-Indramayu dan perkumpulan Pelajar Islam Indonesia. 


Sejak kuliah dia aktif menjadi Ketua Angkatan Pelajar Islam Unpad pada tahun 2012, menjadi Ketua Himpunan Keluarga Mahasiswa Indramayu “Padang Srengenge”. Karena beberapa prestasi saat menjadi mahasiswa baru, dia langsung diangkat menjadi Dirjen Agama Hima Ilmu Pemerintahan UNPAD. 

Dia melakukan terobosan baru yakni dengan membuat program IP (Ilmu Pemerintahan) sedekah. Melalui program ini akhirnya beasiswa IP berhasil didirikan dan membuat program pendanaan SPP bagi SMA berprestasi dan tidak mampu di sekitar Kampus Unpad. 

Selain aktif organisasi, Nurkholidin sering juga mengikuti berbagai kegiatan yang menjadi kesukaannya yakni lomba debat. Beberapa prestasi pernah ia raih bersama rekan-rekannya dalam lomba debat di antaranya : 

  1. Juara Pertama Debate Champions Political Government di UGM (Universitas Gadjah Mada) tahun 2013. 
  2. Juara 2 Debate Champions Government di Unhas Makasar tahun 2013. 
  3. Juara 3 Debate Chanmpions Isu Ekonomi Nasional di UNY tahun 2014 
  4. Juara 2 Debate Champions Political Communication Kemenpora di Bali tahun 2014 
  5. Juara 3 Debate Champions Economic Science Unsoed sebagai the best speaker di Purwakarta 2014
  6. Juara 2 Debate Champions Politica Brawijaya dan Esai terbaik di UB Malang 2015 
  7. Juara 1 Debate Cehampions Science Summit IPB tahun 2016. 
Selain itu Nurkholidin juga pernah menjadi Juara pertama pekan kreatif mahasiswa dalam bidang pengabdian masyarakat ajang bagi mahasiswa Unpad yang berprestasi. Dia membuat “Kartu Nusantara” games untuk anak-anak dalam mengenalkan tokoh pahlawan serta menanamkan karakternya. Karena hal itu akhirnya dia diusung teman-temannya menjadi Presiden KABIM UNPAD (Kulawargi Mahasiswa Bidikmisi) tahun 2014-2015.


Dia juga membuat terobosan diantaranya adalah Bank Kabim sistem peminjaman uang tanpa bunga bagi mahasiswa Unpad, sekolah bisnis, buku prestasi kabim, kredit laptop bagi mahasiswa Unpad tanpa bunga, pelatihan dan training tiap bulan, pekan prestasi bidikmisi nasional, dan berhasil menjadikan Unpad sebagai poros bidikmisi nasional, Unpad menjadi ketua persatuan mahasiswa bidikmisi nasional.

Sekali lagi ini membuktikan banyak anak-anak muda yang berasal dari Indramayu memiliki potensi dan kemampuan terbaik dalam berbagai bidang. Ini menjadi aset berharga bagi Indramayu untuk mengembangkan dan memajukan Indramayu ke depannya.

2 komentar for Nurkholidin Langganan Juara Debat Tingkat Nasional Dari Indramayu :