Mangga Agrimania, Mangga Termahal di Indonesia dari Nunuk Lelea

Saturday, July 30, 2016
Mangga Agrimania mangga termahal di Indonesia (Foto Erwin Wiguna)

Indramayu sudah terkenal dengan sebutan sebagai kota mangga. Mangga yang terkenal adalah mangga harum manis dan cengkir. Tetapi hampir setiap saat di pinggir pantura dari Lohbener hingga Kertasemaya banyak berjejer penjual mangga dengan jenis gedong gincu yang sebenarnya tidak hanya berasal dari Indramayu tetapi ada juga dari daerah lain. 

Tetapi sebenarnya ada mangga unggulan lain dari Indramayu yang banyak diburu oleh para perusahaan-perusahaan besar, pemilik perkebunan atau pencinta buah-buahan di Indonesia. Nama buah mangga ini adalah mangga Agrimania


Mangga Agrimania mirip mangga gedong gincu dengan warna ke merah-merahan kalau sudah matang, rasanya manis legit, tetapi yang menarik adalah buahnya besar rata-rata perbiji kalau ditimbang lebih dari 1 kg. Mangga Agrimania ini dijual perkilo Rp.100.000,- hingga Rp.150.000,- maka tidak heran mangga ini merupakan mangga termahal di Indonesia. 

H. Urip dari desa Nunuk Lelea 
Mangga Agrimania ini dikembangkan oleh H. Urip dari desa Nunuk Kecamatan Lelea Indramayu. Mangga ini awalnya merupakan mangga yang dibeli oleh bapaknya sewaktu naik haji di Mekah Saudi Arabia. Tetapi setelah tumbuh besar ternyata rasa dan ukurannya melebihi sewaktu ia membelinya di Saudi Arabia. Rasanya manis legit, bentuknya menarik dan berukuran besar maka dia berinisiatif untuk melakukan pembibitan. 

Sejak tahun 2013 H. Urip mulai melakukan pembibitan dengan menggunakan polybag. Pohon ini memiliki kelebihan yakni tinggi batangnya sedang, tidak mudah roboh walaupun diterpa hujan dan angin besar. H. Urip kemudian mendaftarkan paten mangga Agrimania yang ada di lingkungan rumahnya tersebut ke dinas pertanian dan peternakan provinsi Jawa Barat dengan nomor SKTDPBB Nomor 521.32/50/50 DISTASNAK. 

Induk Pohon Mangga Agrimania 
Mangga Agrimania dari Nunuk Lelea ini pernah diikutsertakan dalam lomba buah unggul tingkat nasional dan ternyata Mangga Agrimania Nunuk Lelea menyabet gelar pada Lomba Buah Unggul Nasional tahun 2014 versi majalah pertanian Trubus. 

Saat ini pemesan bibit mangga Agrimania dengan cara stek ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Meraka harus rela mengantri menunggu bibit mangga Agrimania yang berasal dari satu pohon tersebut.
Bibit Mangga Agrimania

Untuk satu bibit mangga Agrimania H. Urip menjualnya dengan harga Rp.75.000,- per polybag dengan tinggi sekitar 30 cm dan siap dikirim ke seluruh penjuru Indonesia. Menariknya mangga Agrimania ini sudah bisa berbuah sekitar 3 tahun. 

H. Urip kewalahan untuk memenuhi pesanan dari peminat mangga Agrimania tersebut. Apalagi baru-baru ini dia mengatakan bahwa dirinya menerima pesanan bibit mangga Agrimania sebanyak 5.000 pohon untuk Dinas Pertanian Jawa Barat. 

Selain pembibitan pohon mangga Agrimania Nunuk, H. Urip juga mengembangkan bibit buah-buahan lain seperti buah lengkeng, buah srikaya, plum, jambu air, sawo, anggur, jeruk, salak, dan lain-lain.

Buah-buahan yang dijual di kebun H. Urip
Kalau saja buah mangga Agrimania dari Nunuk Lelea ini dibudidayakan oleh petani atau perkebunan besar di Indramayu dilahan yang luas yang dikelola secara profesional. Bukan tidak mungkin kebun mangga Agrimania ini menjadi obyek wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara seperti wisata petik apel di Batu, petik strawberry di Bandung dan lain sebagainya.

Nah bagi Anda yang tertarik dengan Mangga Agrimania dan bibit buah-buahan yang lainnya silakan datang ke :

Gapura Desa Nunuk menuju Agrimania Flora

AGRIMANIA FLORA 
Jl. Raya Larangan - Tugu Km. 10 Desa Nunuk
Kecamatan Lelea - Indramayu
No. Hp. 085318889111

Berikut ini peta menuju ke lokasi Agrimania Flora :


1 komentar on Mangga Agrimania, Mangga Termahal di Indonesia dari Nunuk Lelea