Inilah Susunan Acara Nadran Karangsong 2016

Nadran Karangsong 2016

Nadran adalah sebuah tradisi tahunan yang rutin dilaksanakan oleh nelayan Indramayu setiap dua minggu setelah Lebaran Idul Fitri. Kata Nadran sendiri berasal dari kata nadzar atau nadzaran atau nadran yang berarti kaul atau syukuran. 


Syukuran nelayan masyarakat Indramayu ini diadakan sebagai tradisi atas rezeki melimpah yang telah diberikan Tuhan kepada para nelayan baik berupa keselamatan ketika berlayar di laut maupun hasil ikan yang melimpah sepanjang tahun lalu. Prosesi Nadran diawali dengan acara keagamaan, ruwatan, pagelaran tari-tarian, pertandingan olah raga, hiburan rakyat tradisional dan modern. 

Salah satu komponen terpenting dalam Nadran adalah Meron. Meron merupakan sebuah miniatur perahu yang di dalamnya berisi kepala kerbau, kulit kerbau, dan berbagai macam sesaji yang nantinya akan diangkut kedalam perahu sungguhan untuk kemudian dilarungkan ke laut. 

Sebelum dilarungkan ke laut, Meron akan dikawal para nelayan ke laut hingga dilarungkan. Para penumpang kapal yang ikut mengawal tadi akan terjun ke laut demi memperebutkan segala sesaji dari meron yang dilarungkan ke laut tadi. 

Pada tahun 2016 ini selain acara ritual wajib nadran tadi juga akan diisi dengan 2 acara yang baru yaitu pemecahan rekor makan sop gombyang dan Olimpiade nelayan yang menampilkan team-team perwakilan abk (anak buah kapal) dan nahkoda, lomba foto, lomba selfie, dengan acara puncak menampilkan New Palapa/Aurora dan Artis Dangdut Nasional Mela Barbie. 

Berikut ini Susunan Acara Nadran Karangsong 2016 :
Description
: Inilah Susunan Acara Nadran Karangsong 2016
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Inilah Susunan Acara Nadran Karangsong 2016

0 komentar:

Post a Comment