Electrical Engine Juara 1 Shell Eco Marathon Drivers World Championship Berasal Dari Indramayu

Monday, July 4, 2016
Shofiyudin Albadri bersama tim Bumi Siliwangi UPI Bandung (Foto : BBC Indonesia) 

Siapa sangka tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, berhasil menjadi juara dunia dalam lomba balap hemat energi mobil buatan mahasiswa yang pertama kali diselenggarakan di London yakni Shell Eco Marathon Drivers World Championship mengalahkan tim-tim elit dari negara maju dan super power. 


Tim Bumi Siliwangi ini mulai start dari posisi kedua di belakang tim Prancis. Dari delapan tim yang turun dalam final lomba balap mobil Urban Concept atau konsep perkotaan di Olympic Park, London Minggu 3 Juli 2016 kemarin. 


Tim Bumi Siliwangi yang terdiri dari Sriyono, Ridwan Adam dan Manager Amin Sobirin (Kebumen), Driver Ramdhani (Subang), Co-driver Abdul Rochim (Cirebon), Chassis and steering Jody Rusli (Bandung), Body Afitro (Cirebon), Team supporting 1 Dany Permana (Kuningan), Team support 2 Muhammad Isnaini (Palembang) dan yang membanggakan adalah Electrical Engine tim ini adalah Shofiyudin Albadri yang berasal dari Desa Wirakanan Kecamatan Kandanghaur Indramayu.

Sebelumnya Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung ini meraih juara kedua dalam lomba Shell tingkat Asia Maret lalu yang diadakan di Manila Philipina dengan kecepatan 75 kilometer per KWH (kilowatt hour). Silakan baca lengkapnya di sini.  

Pada lomba Shell Eco Marathon Drivers World Championship ini, sebenarnya ada tiga tim mahasiswa yang mewakili Indonesia dalam ajang ini, termasuk dari Universitas Indonesia dengan bahan bakar bensin dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya dengan bahan bakar diesel, namun hanya Bumi Siliwangi yang lolos ke putaran final. Tim yang ikut dalam kejuaraan dunia pertama lomba mobil buatan mahasiswa ini dipilih dari juara lomba di kawasan Asia, Eropa dan Amerika Serikat. 

Ramdani pengemudi Tim Bumi Siliwangi UPI Bandung, bersama juara kedua dari Perancis dan ketiga dari Amerika Serikat (Foto : BBC Indonesia)

Pada kesempatan ini Ketua lomba yang mengangkat tema “Make The Future London" yakni Danny Van Otterdyk dari Shell, memuji kalkulasi tim Bumi Siliwangi UPI Bandung yang membawa mereka menjadi juara dengan mobil listrik. 

"Cara mereka menghitung energi sangat baik dan mereka pantas menang. Saya senang mereka bisa menang dalam acara perdana lomba balap mobil buatan mahasiswa ini," kata Van Otterdyk seperti dikutip dari BBC Indonesia. 

Atas keberhasilannya ini Tim Bumi Siliwangi mendapatkan hadiah lomba termasuk diundang untuk menghabiskan waktu sepekan bersama Scuderia Ferrari di Maranello, Italia bulan Desember 2016 mendatang. 

2 komentar for Electrical Engine Juara 1 Shell Eco Marathon Drivers World Championship Berasal Dari Indramayu :

  1. Keren.. Shofi... Semoga menginspirasi anak2 muda Indramayu lainnya.

    ReplyDelete