-->

Menyibak Keindahan Pesisir Pantai Eretan Wetan Indramayu

May 3, 2016
Pantai Eretan Wetan Indramayu

Bagi Anda yang sering melintasi jalan pantura Indramayu mungkin sering melihat pantai Eretan Kulon yang letaknya memang dekat dengan jalan bypass pantura tersebut. Tetapi sayangnya pantai yang dekat dengan jalan pantura tersebut tidak alami lagi karena pinggir pantainya sudah menggunakan batu-batu penahan ombak untuk menahan laju abrasi. 


Tapi jangan khawatir karena masih ada pantai yang tersembunyi yang masih alami yang belum banyak dijamah oleh pengunjung sehingga kondisi pantainya masih asri dan sangat tenang. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan menikmati alam. 
Setelah MTs Negeri Kandanghaur ada jalan menuju ke arah utara


Untuk menuju ke Pantai Eretan Wetan atau yang lebih dikenal dengan Pantai Solikin ini masuk dari sebelah MTs Negeri Kandanghaur ada jalan ke arah utara. Untuk masuk ke lokasi ini memang harus menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki sekitar 1 km dari Jalan Pantura. Bagi Anda yang membawa kendaraan seperti mobil harus diparkir di dekat bendungan Sumber Mas. Setelah itu berjalan kaki menuju ke pantai. 
Bersantai di pepohonan dekat pantai 

Tetapi suasana para nelayan, tenang hijaunya pohon bakau dan indahnya empang-empang menambah keasrian saat menuju lokasi Pantai Eretan Wetan ini. Apalagi jika Anda datang sore hari berbagai macam burung akan Anda lihat di sekitar pantai ini dari burung bangau, dan burung-burung lainnya. 

Saat melintasi jalan setapak atau jalan yang hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor Anda harus berhati-hati karena terdapat jembatan-jembatan kecil. Kalau Anda tidak berhati-hati Anda akan terjerembab ke sungai kecil. 
Jalan menuju pesisir pantai

Ketika Anda menuju ke pesisir pantai Anda akan menemukan ada beberapa pohon waru yang sedang berbunga yang jatuh ke jalanan sehingga menambah keindahan pantai yang masih asri yang belum terjamah oleh banyak pengunjung. 
Pesisir Pantai Eretan Wetan atau Pantai Solikin

Untuk menuju ke lokasi ini Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun karena belum dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Padahal potensi ke pantai ini sangat indah. Lokasi ini juga tidak bisa dilalui menggunakan sepeda motor saat hujan turun. 
Gubuk di sekitar pantai Eretan Wetan

Waktu yang tepat untuk mengunjungi ke tempat ini adalah sore hari. Anda bisa menikmati keindahan pantai dan empang dengan duduk-duduk di gubuk-gubuk milik para pemilik tambak. Disini Anda bisa bercengkerama dengan keluarga atau orang-orang tercinta sambil menikmati matahari terbenam. 

Tempat ini sebenarnya bisa menjadi destinasi wisata yang mengasyikan jika pemerintah desa setempat mengelola dengan baik, bukan tidak mungkin pantai ini akan menjadi destinasi wisata yang menjanjikan terutama untuk Kecamatan Kandanghaur dan Kabupaten Indramayu.

0 komentar:

Post a Comment test