Peserta Workshop E-Learning di Indramayu Membludak

Saturday, April 9, 2016
Workshop E-Learning di Indramayu

Antusiasme para guru tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK untuk mempelajari TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) khususnya E-Learning di Kabupaten Indramayu sangat tinggi. Ini terbukti dari membludaknya peserta workshop E-Learning di Indramayu yang diadakan di SMP Negeri Unggulan Sindang Indramayu Sabtu 9 April 2016. 


Peserta semula ditargetkan 100 orang ternyata melebihi dari kuota hingga hampir mencapai 300 orang. Antusiasme peserta tidak lain karena pembicara yang hadir pada acara ini adalah pembicara nasional yakni Onno W. Purbo (Pakar IT) dan Wijaya Kusumah (Blogger Nasional). 


Pada kesempatan ini Onno W. Purbo menjelaskan tentang cara pembuatan E-Learning dengan cyberlearning.web.id dan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan aplikasi secara gratisan di Edubuntu.org. Semua aplikasi yang ada di situs tersebut dapat diunduh secara gratis. Pada kesempatan ini Onno W. Purbo meminta guru-guru lebih kreatif untuk memberikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya seperti melalui kuis atau soal online dengan link menuju ke blog guru masing-masing. 
Onno W. Purbo

Selain Onno W. Purbo, ada pula Wijaya Kusumah yang menjelaskan keberhasilannya dari ngeblog. Dia menerapkan “one day one post” artinya dia menargetkan “satu hari satu tulisan”. Karena dengan tulisan nama kita akan selalu ada walaupun kita sudah tiada. Dia juga menceritakan keberhasilannya sebagai guru paling ngeblog tahun 2012 dari Kompasiana, dan berbagai penghargaannya sebagai juara lomba blog yang pernah dia ikuti.

Wijaya Kusumah Sedang memberikan materi tentang blog

Saat ini dia sudah melanglang Indonesia karena spesialisasinya sebagai guru yang suka ngeblog. Selain pembicara utama, ada beberapa pembicara lain seperti Ibu Wiwin dan Prasojo yang mempraktekkan cara pembuatan kuis atau soal online kepada seluruh peserta. 

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu Dr. H. Ali Hasan, M.Pd dan dilanjutkan dengan peresmian Kogtik (Komunitas Guru TIK dan KKPI) Indramayu yang diketuai oleh Bapak Firman dari SMP Negeri Unggulan Sindang yang dihadiri Ketua Kogtik Nasional Bambang Susetyanto. 

Pada kesempatan ini Kepala Dinas mendukung mata pelajaran pelajaran TIK dan KKPI kembali lagi pada Kurikulum Nasional nanti. Karena orang yang menguasai TIK bisa menguasai dunia dan pendapatannya lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak menguasai TIK. 

Acara Workshop E-Learning ini menjadi pembuka bagi pelatihan-pelatihan lain di Indramayu untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru di Indramayu agar bisa bersaing dengan daerah-daerah lain di Indonesia. 

Selain workshop pada kegiatan ini diperkenalkan Robotik oleh Bapak Lucas. Robotik ini dalam satu paket bisa memiliki model yang berbeda. Anak-anak sekolah pasti senang menggunakannya karena robot ini bisa didesain sesuai keinginan yang punyanya. Di akhir acara diadakan lomba membuat kuis online antar peserta workshop. 
Bapak Setiawan menerima hadiah berupa printer Epson 

Lomba yang diikuti hanya sekitar 20 peserta ini dimenangkan oleh Bapak Setiawan dari MTs Al Zaitun yang berhasil membawa pulang printer Epson. Workshop E-Learning di Indramayu ini didukung oleh Epson, Biznet Home, Qwords.com, Indosat Ooredoo, Kayu Putih Studio, Eduspec, Onno Center, SMK Al Huda Anjatan, dan BloggerMangga.com.

0 komentar:

Post a Comment test