Menyusuri Keindahan Klenteng Indramayu

Klenteng An Tjeng Bio Indramayu

Sejak dulu Indramayu terbuka untuk siapa saja, termasuk dengan warga negara dari negara lain seperti Belanda, Arab, Tionghoa dan lain sebagainya. Sebagai salah satu etnis terbesar di dunia, etnis Tionghoa memang memiliki warisan sejarah yang cukup kaya termasuk di Indramayu. Salah satunya adalah Klenteng An Tjeng Bio Indramayu yang berada di jalan Veteran No.406 Indramayu.

Klenteng ini dibangun sejak tahun 1848 ini didirikan oleh Poey Soen Kam, dan dipindahkan ke depan oleh Tan Liong Siang pada tahu 1880. Pada saat ini Klenteng ini dikelola oleh Bapak Yayang. Dia baru ditugaskan untuk mengurus segala keperluan dan menjaga kebersihan klenteng tersebut sejak 5 bulan yang lalu. 
Halaman Klenteng Indramayu
Menurut dia pada saat tertentu klenteng ini ramai dikunjungi pengunjung yakni pada saat perayaan tertentu seperti tahun baru Imlek, dan perayaan Cap GO Meh yakni 15 hari setelah perayaan imlek. Warga keturunan Tionghoa masih merayakan kirab Cap Go Meh sebagai akhir dari perayaan imlek. 



Menurut Bapak Yayang dalam sebulan, biasanya klenteng ramai dikunjungi terutama pada saat awal bulan yakni tanggal 1-2 dan pertengahan bulan tanggal 14-15 dalam penanggalan China. Pada hari biasa, paling-paling Klenteng ini dikunjungi sekitar 5 sampai 10 orang dari umatnya. Tetapi ada saja pengunjung atau wisatawan yang datang ke klenteng ini untuk melihat-lihat keindahannya yang sudah berusia hampir 170 tahun ini. 

Bangunan Klenteng yang terletak di Jalan Veteran No.406 ini lokasinya berada di jalur wisata Heritage atau wisata sejarah di Indramayu. Bangunan ini terletak di antara dan berseberangan dengan deretan pencuci mobil dan sepeda motor di jalan Veteran Indramayu. 


Saat Anda memasuki halaman Kelenteng ini terdapat 4 bangunan utama. Di setiap bangunan yang ada di klenteng ini didominasi warna merah yang menjadi ciri khas dari Klenteng. Bangunan utamanya berisi berbagai ornamen khas Tiong Hoa dan patung Tao Pekong Lak Kwan Ya. 


Sementara itu pada sisi sebelah kiri terdapat bangunan tempat menyembah para leluhurnya. Selain itu di bangunan ini terdapat beberapa foto tempat-tempat klenteng di Propinsi Jawa Barat, Banten, Sumatera dan DKI Jakarta. 

Patung Budha
Pada bagian kanan dari bangunan utama terdapat tempat untuk menyembah Budha Sakyamuni. Di tempat ini juga terdapat foto-foto bersejarah seperti foto Ibu Tien Soeharto yang sedang berdialog dengan biksu serta sebuah papan tulis yang mencantumkan nomor telepon yang bisa digunakan para umatnya untuk berkonsultasi yakni 0234273309. 
Vihara Dharma Rahayu
Jadi kalau Anda datang ke Indramayu, jangan lupa untuk menikmati keindahan klenteng An Tjeng Bio. Tetapi untuk mencari tulisan tersebut tidak akan ditemukan karena tulisan di depan Klenteng ini adalah Vihara Dharma Rahayu Jalan Veteran No.406 Indramayu. 
Description
: Menyusuri Keindahan Klenteng Indramayu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Menyusuri Keindahan Klenteng Indramayu

0 komentar:

Post a Comment