Asiknya Liburan Ke Hutan Mangrove Karangsong Indramayu

Wednesday, December 30, 2015
Liburan ke Hutan Mangrove Karangsong Indramayu

Jika Anda sedang berada di wilayah Indramayu dan bingung sedang mencari tempat wisata menarik di Indramayu yang murah meriah, datang saja ke Hutan Mangrove Karangsong Indramayu. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Indramayu ini menjadi obyek wisata yang paling populer di Indramayu saat ini untuk Anda dan keluarga atau orang-orang tercinta. 

Sebelum ke Hutan Mangrove ada baiknya Anda membawa makanan dan minuman dari sekitar pantai Karangsong karena di dalam hutan mangrove tidak ada pedagang yang menjual makanan dan minuman. Tetapi ingat sampahnya jangan dibuang sembarangan karena akan merusak dan mengotori lingkungan sekitar hutan mangrove. 

Hutan Mangrove atau bakau Karangsong Indramayu merupakan kawasan hutan bakau terbesar di Jawa Barat yang dikelola oleh Pertamina Balongan, Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hutan Mangrove ini mempunyai berbagai fungsi selain untuk mencegah instrusi (perembesan) air laut ke air tanah, mencegah erosi dan abrasi pantai, penyaring limbah organik, tempat hidup dan sumber makanan satwa, dan pembentukan dan menstabilkan daerah pesisir. 

Jika ditinjau dari aspek sosial dan ekonomi maka kawasan ini sangat bermanfaat dan berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan manusia yang ada disekitarnya. Mereka bisa bekerja di sektor ini, serta memanfaatkan sebagai tempat wisata yang secara langsung berdampak positif pada kehidupan perekonomian masyarakat di sekitarnya. 

Berwisata ke obyek wisata di hutan mangrove seharusnya menjadi media untuk mengajak kepada pengunjung agar bisa belajar menjaga dan melestarikan hutan mangrove. Pengelola hutan mangrove sudah menyediakan berbagai tempat sampah yang ada di sekitar hutan wisata hutan mangrove. 

Begitu juga dengan para nelayan atau masyarakat yang hidup di sekitar garis pantai, haruslah tetap menjaga kelestarian hutan bakau yang ada. Mereka harus diajak agar timbul kesadaran bahwa hutan bakau adalah penyelamat kehidupan bagi masyarakat daerah pesisir pantai kabupaten indramayu khususnya di desa Karangsong dan sekitarnya. 

Jika Anda penasaran dengan keindahan hutan mangrove atau hutan bakau di Desa Karangsong Indramayu berikut video penelusuran Ayatullah Gumelar (Nang Dermayu Pinunjul 2015) dan Eggy Regina Yuniar (Nok Dermayu Pinunjul 2015) ke Hutan Mangrove Karangsong Indramayu :

 

1 komentar on Asiknya Liburan Ke Hutan Mangrove Karangsong Indramayu

  1. Lestarikan Mangrove Kalbar ..
    https://posmusica.wordpress.com/2017/11/02/wisata-mangrove-mangroves-for-borneo/

    ReplyDelete