Semarak Karnaval Exotica 1000 Gadis Ngarot Indramayu

Karnaval Gadis Ngarot

Indramayu hari ini berbeda dengan hari sebelumnya karena pada tanggal 7 Oktober 2015 Kabupaten Indramayu genap berusia 488 tahun. Kota yang didirikan oleh Raden Bagus Aria Wiralodra ini menggelar acara Karnaval Exotica 1000 Gadis Ngarot. 

Seperti kita ketahui bersama Indramayu memiliki bermacam-macam seni budaya dan adat istiadat yang berbeda dengan daerah lain di Jawa Barat dan juga Indonesia. Salah satunya adalah tradisi ngarot. Tradisi ngarot sendiri berasal dari Desa Lelea yang biasanya dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Nopember untuk mensyukuri karunia Allah SWT atas limpahan panen padi yang melimpah dan menuju musim tanam tiba. 

Acara Ngarot ini selalu dilaksanakan pada hari Rabu bukan hari yang lain karena mitos yang berkembang sebelumnya pernah dilaksanakan selain hari Rabu, maka acara tersebut banyak keganjilan-keganjilan yang dialami oleh peserta ngarot, dari yang pingsan, kesurupan dan lain sebagainya.
Karnaval 1000 Gadis Ngarot (Foto Kushadi)
Kali ini panitia HUT Indramayu ke-488 ingin memberikan warna yang berbeda dengan membawa tradisi ngarot ke Pusat Kota Indramayu dan menggelarnya secara besar-besaran agar mencatatkan diri pada museum rekor Indonesia atau rekor MURI. 

Acara karnaval sendiri dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Deddy Mizwar di halaman RSMM Indramayu. Karnaval ini diikuti lebih dari 1000 gadis ngarot yang berasal dari berbagai siswi sekola di Indramayu, ditambah dengan perwakilan kecamatan-kecamatan yang ada di Indramayu. 

Selain itu acara Karnaval 1000 Gadis Ngarot, acara ini juga diisi dengan puluhan seni tradisional yang masih ada dan hidup di Indramayu seperti seni wayang, berokan, sintren, tarling, tari topeng, dan seni tradisional lainnya. 

Karnaval Exotica 1000 Gadis Ngarot ini juga diikuti pula oleh berbagai satuan kerja perangkat daerah yang ada di kabupaten Indramayu, dengan membuat kendaraan hias yang bertemakan perahu nelayan yang menjadi ciri khas dan mata pencaharian sebagaian warga Indramayu. 

Acara ini rencananya menjadi agenda tahunan yang akan digelar secara rutin oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu. Sehingga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan manca negara.

Description
: Semarak Karnaval Exotica 1000 Gadis Ngarot Indramayu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Semarak Karnaval Exotica 1000 Gadis Ngarot Indramayu

0 komentar:

Post a Comment