Perayaan HUT Komunitas Blogger Indramayu Ke-2 Sederhana Tapi Meriah

Thursday, October 29, 2015
Nanang Fahrurozi dan Didno 

Komunitas Blogger Indramayu pada tanggal 28 Oktober 2015 genap berusia 2 tahun. Tetapi baru dirayakan pada hari ini Kamis tanggal 29 Oktober 2015. Perayaan tahun ini tidak semeriah tahun lalu tetapi tetap sarat makna. 


Perayaan hari jadi Komunitas blogger Indramayu kedua diadakan di SMP Negeri 1 Gabuswetan dengan menampilkan pembicara Nanang Fahrurozi. Dia adalah seorang pemilik toko online pakaian olahraga yang menjual pakaiannya di Tokopedia, FJB Kaskus, Bukalapak dan melalui media sosial facebook. 


Nanang panggilan akrabnya menceritakan pengalaman pribadinya tentang toko online yang dirintisnya sejak tahun 2012. Kala itu dia bermodalkan hanya sebesar Rp. 5 juta. Tetapi hingga kini dia memiliki omzet 7-10 juta perhari. 

Dia menjual produk-produk pakaian seperti kaos yoga, kaos fitnes, ledging, dan lain-lain. Dia rela meninggalkan kerjanya sebagai pegawai salah satu bank dengan gaji saat itu sudah mencapai 4,5 jutaan. Dia meninggalkan kerjaan tersebut karena merasa sudah nyaman dengan usahanya yang sudah jalan selama 3 bulan di bisnis online. 

Peserta peringatan HUT Komunitas Blogger Indramayu ke-2

Menurut dia, usaha yang dilakukan tidak akan berkembang jika dia tidak hobi dengan dunia pekerjaannya saat ini, selain itu sebagai seorang onliner dia harus jujur terutama untuk seorang jual beli online seperti dirinya, dan terakhir jangan lupa tunaikan zakatnya. 

Dari zakat inilah dia tidak pernah berkurang orderannya. Selain toko online, dia juga memiliki toko offline dengan membuat toko pakaian anak bernama Nayla di Blok Pengodengan Wirakanan, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu. 

Bahkan ketika dia habis memberikan zakat kepada warga yang berhak menerima zakat yang ada di sekitar tokonya, omzetnya tidak menurun malahan meningkat pesat. Kini usahanya dalam sebulan dia bisa membukukan keuntungan sekitar 70 puluh jutaan. 

Selepas talkshow dengan mas Nanang, acara dilanjutkan dengan hiburan yang diisi dengan seni suara dari Jockey dan drama musikal dari siswa dan siswi SMP Negeri 1 Gabuswetan yang cukup menghibur peserta kopdar Komunitas Blogger Indramayu ke-2. 
Acara Hiburan 


Selain mas Nanang ada juga pembicara lain yakni Ferry Adrian yang menceritakan pengalamannya mendapatkan uang dari dunia online yakni menjual logo, fliyer, dan font yang dijual ke situs-situs luar negeri. Dalam sebulan bisa menghasilkan pendapatan sekitar 3-7 juta dalam sebulan. 

Dia mengatakan bahwa seseorang bisa berhasil selain karena hobi juga harus fokus dengan apa yang ditekuninya. Sehingga dia akan bisa berkarya sesuai dengan kemampuan terbaiknya yang tidak hanya diterima oleh orang Indonesia tetapi dari luar negeri. 
Ferry Hadrian

Setelah penjelasan dari Ferry Hadrian, dilanjutkan penjelasan dari Ketua Komunitas Blogger Indramayu Kang Didno. Dia menjelaskan tips bagaimana memenangkan lomba blog. Di antaranya adalah tulisan harus berbeda dengan tulisan orang lain. Tulisan tersebut mampu membuat juri tertarik dan kagum dengan tulisan tersebut. Tampilan blog juga jangan terlalu aneh dan banyak flash yang tidak perlu karena akan mengganggu. 

Itulah kesederhanaan perayaan Hari Jadi Komunitas Blogger Indramayu yang terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada masyarakat bagaimana memanfaatkan dunia online untuk hal positif termasuk mencari duit.

1 komentar on Perayaan HUT Komunitas Blogger Indramayu Ke-2 Sederhana Tapi Meriah

  1. Aku kok blm pernah ikut gituan ya di Indramayu? Mungkin rata2 masyarakat juntikebon masih gaptek kali ya. Taunya pesbuk, beb eem sama we a doang

    ReplyDelete