Inilah Karya-karya Inovatif Anak SMK Indramayu

Agra Surya

Slogan SMK Bisa mulai menunjukkan hasilnya bukan kata-kata semata. Ini dibuktikan oleh Anak SMK dari seluruh kabupaten Indramayu, sekarang sedang berkumpul di Expo Pendidikan 2015 yang digelar di jalan Siliwangi dalam rangka memperingati hari jadi Indramayu ke-488. 

Mereka memperkenalkan hasil karya inovatifnya kepada masyarakat luas dan ingin menunjukkan kepada dunia bahwa anak-anak SMK di Indramayu juga ternyata memiliki kemampuan dan inovasi yang patut diperhitungkan dan membanggakan pendidikan Indonesia. 

Dari sekian banyak karya-karya yang dipamerkan di Expo Pendidikan 2015 di Indramayu, ada beberapa produk yang banyak menarik perhatian publik karena inovasi dan teknologinya. Berikut ini karya-karya inovatif anak SMK Indramayu

  1. Agra Surya. Agra Surya adalah karya inovatif pelajar SMK Muhammadiyah Kandanghaur yang bisa membuat mesin pengering padi. Hasil karyanya akan membantu petani di saat kesulitan mengeringkan pada karena bertepatan dengan musim penghujan. 
  2. Sepeda Motor Berbahan Bakar Air. Ini merupakan karya inovatif dari pelajar SMK Negeri 1 Sukra yang membuat air menjadi bahan bakar dari sepeda motor yang sudah dimodifikasi mesinnya. Sehingga sepeda motor ini cukup menggunakan air mineral bukan bensin atau pertamax. 
  3. Sepeda Motor Untuk Penyedot Air. Sulitnya para petani mengairi sawah membuat siswa dan siswi SMK Negeri 1 Patrol ini memodifikasi mesin sepeda motor yang bisa digunakan untuk menyedot air dari sungai ke sawah. 
  4. Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Sulitnya akses listrik di daerah terpencil membuat para pelajar SMK Muhammadiyah Haurgeulis terpanggil untuk membuat karya inovatif dalam memecahkan permasalahan tersebut. Pembangkit listrik ini menggunakan tenaga angin sebagai pembangkitnya. Alat yang dilengkapi dengan kincir angin, travo, aki dan peralatan listrik lainnya. PLT Angin ini dibanderol hanya 7 juta untuk satu unit yang bisa menerangi 1 rumah dengan daya hingga 3500 watt. 
  5. Mesin Peniris Minyak. Alat ini digunakan untuk menggoreng berbagai bahan makanan agar makanan yang dihasilkan benar-benar kering. Alat ini merupakan karya inovatif dari anak-anak SMK Negeri 1 Lelea. 
  6. Sepeda motor dengan mesin pemotong rumput. Sepeda motor ini terlihat sangat keren dan macho, tetapi siapa sangkat mesin dari sepeda motor ini menggunakan mesin pemotong rumput yang sudah dimodifikasi oleh anak-anak SMK Negeri 1 Gabuswetan. 
Sebenarnya masih banyak lagi karya-karya inovatif dari anak SMK di Indramayu yang ditampilkan di ajang Expo Pendidikan 2015 yang digelar di Pusat Kuliner Cimanuk.
Description
: Inilah Karya-karya Inovatif Anak SMK Indramayu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Inilah Karya-karya Inovatif Anak SMK Indramayu

0 komentar:

Post a Comment