Merasakan Kecepatan Jaringan 4G Smartfren di Cirebon

Thursday, September 10, 2015
Peserta Drive Test Network 4G Smartfren Cirebon (Foto @Smartfrenworld)

Sebagai pengguna internet tentu penasaran dengan yang namanya jaringan 4G yang sudah digelar oleh berbagai operator seluler di Indonesia. Terutama kecepatan upload dan download di perangkat atau menggunakan laptop yang disambungkan melalui modem atau tethering dari smartphone. 


Rasa penasaran tersebut akhirnya terpuaskan setelah mengikuti test drive network 4G Smartfren di Cirebon bersama rekan blogger Cirebon dan media dari Cirebon dan Jakarta. Kami dan rombongan menggunakan dua bus yang berbeda dari check point di Swiss BelHotel Cirebon. 


tes video call

Ujicoba jaringan pertama adalah video call dari bus yang satu ke bus yang lainnya dalam kondisi bus berjalan dari jalan Cipto Mangunkusumo ke Jalan Kesambi Raya. Video call antara blogger dengan Bapak Munir Syahda Prabowo selaku Head of Network Special Project Smartfren Telecom. 

Nonton Video Youtube tanpa buffering

Tes berikutnya adalah ujicoba jaringan dengan menonton video youtube dengan bantuan modem wifi Smartfren yang disambungkan dengan laptop dalam kondisi bus berjalan, dan hasilnya video yang diputar tidak ada buffering. 

Sebagai seorang blogger hobi menulis yang dipublikasikan melalui blog bisa dimana saja kapan saja, termasuk saat ujicoba jaringan Smartfren 4G di Cirebon. Kami menggunakan akses mifi dari Smartfren untuk menulisan tulisan di blog tanpa terkendala sedikitpun. 

Rekan blogger yang lain mencoba mengupload video yang dia ambil selama perjalan dengan bus dengan menggunakan smartphone ke Youtube, dan video pun bisa dipublikasikan di Youtube tanpa pake lama karena kecepatan smartfren yang stabil dan cepat. 

Uji kecepatan melalui smartphone

Selama perjalanan muter-muter Cirebon, kami sering mengecek kecepatan internet dengan menggunakan smartphone di jaringan 4G Smartfren. Dari beberapa tempat yang dijadikan sampel ada beberapa tempat yang menunjukkan kualitas sangat bagus bahkan kecepatan downloadnya bisa melebihi 10 Mbps. 

Download Video 

Kami juga mencoba mendownload video dari Youtube, biasanya kami membutuhkan waktu beberapa menit bahkan hingga setengah jam hanya untuk mendownload satu video dengan besaran file hingga 30 MB. Tetapi dengan menggunakan jaringan 4G smartfren, kami hanya membutuhkan waktu 3 menitan. 

Pemberian modem kepada guru-guru

Selain mencoba jaringan 4G Smartfren kami juga diajak mengunjungi salah satu kegiatan community development dengan tema Pemanfaatan Smarphone dan Teknologi 4G LTE di bidang pendidikan di SMA Negeri 7 Cirebon. 

Pada kesempatan ini Pihak Smartfren memberikan bantuan berupa modem 4G kepada guru-guru SMA Negeri 7 Cirebon. Diharapkan dengan pemberian modem 4G para guru bisa memanfaatkannya untuk pendidikan seperti mencari bahan ajar, media pembelajaran dan lain sebagainya. 

Blogger Cirebon dan Blogger Indramayu

Setelah melihat acara community development, kami pun kembali ke Swiss BelHotel Cirebon, tetapi selama perjalanan ada beberapa game menarik dengan hadiah modem mifi untuk pemenang dan acara perkenalan antara blogger Indramayu dan Cirebon. 

Sesampainya di Swiss BelHotel kami pun sudah disiapkan makan siang bersama rekan-rekan blogger dan media. Setelah itu acara dilanjutkan dengan chit-chat dengan pihak Smartfren dan mengulas perjalanan tadi. Disambung dengan acara tanya jawab dengan peserta drive test network 4G Smartfren. 
Chit-chat dengan pihak Smartfren 

Acara ini begitu akrab begitu hangat antara blogger, media online dan cetak dari ibukota serta pihak yang mengundang yakni Smartfren yang sudah memfasilitasi kami untuk merasakan sendiri jaringan 4G LTE yang selama ini baru dinikmati di beberapa kota besar. Tetapi Smartfren sudah menjangkau 19 kota di Jawa Barat. Sayangnya Indramayu belum kebagian jaringan 4G Smartfren.

3 komentar for Merasakan Kecepatan Jaringan 4G Smartfren di Cirebon: