Berkat Ngeblog Jadi Sering Masuk Televisi

Tuesday, June 23, 2015
Saat Tampil di TV One

Ngeblog bukan hanya menulis tentang pengalaman, cerita dan pengetahuan di media blog, tetapi juga bisa bisa berbagi pengalaman dan ilmu tersebut kepada orang lain, bahkan bisa menghasilkan pendapatan yang banyak. Selain itu blogger juga bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk orang lain. 


Banyak orang yang awalnya ngeblog kemudian karena kepiawaian dalam bidang tertentu sukses menjadi penulis buku, artis, motivator, atau yang lainnya. Tidak sedikit blogger yang sukses memberikan trainer atau pelatihan ke beberapa tempat bahkan diundang ke seluruh penjuru Indonesia. 

Berawal dari keinginan untuk memberikan tugas pelajaran kepada murid melalui blog, akhirnya menjadikan profesi blogger sebagai profesi sampingan saya sebagai pendidik. Penasaran karena membaca di internet ada banyak lomba blog. Saya mulai mencoba untuk mengikuti lomba tersebut, dan akhirnya berhasil mendapatkan hadiah berupa laptop. 

Dari situ saya mulai serius menggarap blog saya dan mulai membuat beberapa blog baru di berbagai platform karena sering ada lomba yang mengharuskan blogger menggunakan platform dari penyedia blog lokal tersebut. 

Setelah memenangkan lomba saya mulai tertarik dengan blog karena membaca salah satu artikel yang isinya ternyata dari blog bisa menghasilkan uang. Dari situ saya mulai mengikuti kopdar-kopdar yang lokasinya jauh dari tempat tinggal saya di Indramayu seperti di Jakarta, Bekasi dan kota lainnya. Karena waktu itu belum banyak orang Indramayu yang hobi ngeblog. 

Berkat dari kopdar tersebut saya mulai mendapatkan ilmu baru tentang monetize blog. Walaupun pada saat itu baru mengikuti salah satu advertiser lokal. Tetapi ternyata earning atau bayarannya lumayan menjanjikan. Tidak lama setelah daftar advertiser tersebut saya mendapat job review yang nilainya fantastis, untuk satu tulisan dibayar hingga 1,3 jutaan. 

Setelah mendapat job review tersebut, semangat ngeblog semakin membara sehingga saya harus mengurus blog saya. Setiap hari saya berusaha untuk membuat tulisan minimal satu postingan. Jika tidak ada ide tulisan saya bisa mengambil dari situs orang lalu mengeditnya kemudian dipublikasikan di blog tapi tidak lupa mencantumkan sumbernya sebagai penghargaan kepada penulis atau pemilik situs atau blognya. 

Beragam job review mulai bermunculan setelah saya bisa mengurus blog agar pengunjungnya tetap ramai. Selain itu berbagai lomba blog yang saya ikuti mulai menghasilkan banyak penghargaan dan hadiah mulai dari uang, handphone, tablet, bahkan hingga sapi pun pernah saya dapatkan. 

Dari aktif ngeblog di salah satu platform lokal yakni Blogdetik, saya pun pernah digaet untuk menjadi pembicara yang membahas tentang gadget dan teknologi yang diberinama Ngopinet Detikcom bareng Toshiba. 

Sejak aktif ngeblog dan kopdar blogger, berbagai undangan acara blogger tingkat nasional dan internasional mulai berdatangan. Dari kopdar tersebut rasanya ingin sekali membangun komunitas blogger di daerah sendiri yakni Indramayu. 

Bermodalkan murid-murid saya yang sudah mempunyai blog maka saya pun mendeklarasikan berdirinya Komunitas Blogger Indramayu pada tanggal 28 Oktober 2013 lalu. Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh Komunitas Blogger Indramayu seperti kegiatan pelatihan blog untuk pelajar, guru dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Selain itu melakukan kegiatan sosial seperti memberikan bantuan kepada korban banjir dan menyumbangkan buku kepada Komunitas Bintang Book Corner Indramayu. 

Kini sejak bergabung dengan salah satu media online terbesar seperti Viva dengan sering mengirim tulisan melalui Vivalog, dan bergabung bersama Kompasiana mulai banyak undangan untuk menjadi pembicara secara live atau siaran tunda melalui televisi. 

Pertama kali tampil di televisi sebagai peserta acara Review Mitsubishi Mirage tanggal 8 Maret 2015 lalu bersama rekan-rekan Kompasiana yang disiarkan secara tunda di MetroTV. Setelah itu saya diundang untuk menjadi pembicara di acara Ruang Kita yang disiarkan secara langsung di TVOne pada tanggal 28 Mei 2015 yang membahas tentang ijazah palsu. 

Live di Kompas TV


Hari ini tanggal 23 Juni 2015, kembali saya diminta menjadi salah satu kompasianer (Blogger Kompasiana) yang diminta pendapatnya tentang permasalahan makanan berbahaya pada saat bulan Puasa dan menjelang Lebaran di acara KompasianaTV yang disiarkan secara langsung di KompasTV. Dan sekali lagi saya tidak malu mencantumkan Indramayu sebagai identitas diri saya. 

Tapi sebenarnya visi saya bukan karena ingin tampil di televisi, tetapi saya sebagai orang Indramayu asli, ingin mengubah image atau kesan negatif tentang Indramayu menjadi kesan positif. Saya penuhi konten-konten blog Komunitas Blogger Indramayu dengan informasi positif dan menarik yang membuat orang dari daerah lain tertarik untuk mengunjungi Indramayu. 

Selain itu saya ingin menunjukkan kepada orang lain dan dunia bahwa Indramayu memiliki orang-orang kreatif, inovatif, berbakat, terampil dan cerdas yang bisa menjadikan Indramayu lebih baik dan lebih maju di masa yang akan datang. 


Salam
Ketua Komunitas Blogger Indramayu 


Didno

4 komentar for Berkat Ngeblog Jadi Sering Masuk Televisi:

  1. Luar biasa banget Mas bias tampil di televisi, semoga bisa menginspirasi orang lain

    ReplyDelete
  2. Itulah asyiknya blogging, membangun percaya diri sehingga mampu mengaktualisasikannya.

    Kalo saya dari blogging cuma tampil di TVC nya GebyAR BCA Goodlife kang :D

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete