Carwati, Sosok Penerus dan Pelestari Batik Indramayu

Carwati Basuri, S.E Pemilik Batik Senang Hati Indramayu

Siapa sangka sosok wanita kelahiran Indramayu 38 tahun yang lalu ini menjadi sosok sentral dari keberlangsungan batik khas Indramayu. Dia adalah Carwati Basuri pemilik batik Senang Hati Indramayu. Saat ini dia memiliki 40 pekerja yang tugasnya membuat dan menjahit batik, serta ditunjang dengan 4 orang yang setia menjaga tempat usaha dan menjalankan bisnis onlinenya. Toko Senang Hati beralamatkan di Jl. Yos Sudarso 9A Karangturi Indramayu. 

Carwati lulusan akuntansi UGM ini memutuskan mundur dari tempat kerjanya dan meneruskan usaha batik orang tuanya. Karena dia ingin membantu melestarikan warisan budaya tanah air yang masih tersisa di Indramayu. Dia mulai terjun ke bisnis batik pada tahun 2007. Saat itu bisnis batik sedang jaya-jaya hingga tahun 2009. 

Toko Batik Senang Hati Indramayu

Saat ini dia masih tetap mempertahankan ciri khas batik Paoman atau Batik Dermayon. Tetapi dia juga menciptakan inovasi-inovasi terbaru dalam menghasilkan batik Indramayu yang unik dan menarik tetapi tetap mempertahankan ciri khasnya agar batik itu tidak monoton dan ditinggalkan pelanggannya. 

Beberapa motif batik ciri khas dari toko batiknya adalah batik tiga dimensi yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat tidak hanya dari Indramayu tetapi juga dari daerah lain di Indonesia. Batik tiga dimensi ini sebenarnya merupakan batik cetak yang menggabungkan tiga motif batik yang berbeda sehingga menjadi motif baru yang sangat indah dan menarik.
Batik 3 dimensi
Selain memperkenalkan batik tiga dimensi, dia juga berinovasi dengan desain atau motif lain yang berbeda dengan batik dari daerah lain. Salah satu batik yang memiliki keunikan dan berbeda dengan batik dari daerah lain adalah batik complongan yang tidak hanya digemari dari dalam negeri tetapi dari luar negeri. Batik complongan memiliki ciri tersendiri yakni titik-titik kecil pada hasil batiknya sehingga hasilnya tahan lama dan meresap ke serat kain. 
Batik untuk segala aktivitas
Dia juga menambahkan bahwa usahanya terus mengikuti tren, Ia mengatakan bahwa batik Senang Hati harus bisa menjadi trensetter jangan hanya jadi pengekor. Salah satunya dengan membuat desain batik yang cocok untuk wanita berhijab, anak muda, dan anak-anak. Sehingga motif dan desainnya bisa disesuaikan dengan tren sekarang sebagai contoh batik casual yang bisa digunakan untuk segala suasana tidak hanya untuk acara formal saja tetapi bisa juga untuk acara-acara tidak resmi atau bahkan santai.

Motif Batik Lollipop


Ia juga tidak menyangkal bahwa banyak orang yang beranggapan bahwa memakai batik itu harganya mahal, tetapi sebenarnya tidak semua batik itu mahal, ada beberapa batik yang ada di tokonya bahkan dijual dengan harga hanya puluhan ribu saja. Kecuali batik tulis, harganya mahal karena prosesnya yang lama dan membutuhkan ketelitian tidak seperti batik cetak atau batik cap.

Aksesoris Batik 
Batik Senang Hati saat ini tidak hanya menjual kain batik, baju atau pakaian batik untuk pria dan wanita dewasa saja, tetapi kini sudah merambah ke pakaian batik untuk anak-anak dan aksesoris seperti dompet, sarung bantal, tas, bahkan selimut. Uniknya lagi dia bisa membantu pelanggannya yang mempunyai ide untuk keperluannya pakaian atau kebutuhan lainnya. Sehingga pelanggan merasa puas dengan model dan kain batik buatannya. 

Batik Senang Hati sering mengadakan pameran ke berbagai daerah dan mensponsori acara-acara yang berhubungan dengan fashion. Tetapi dia berharap acara-acara tersebut ada korelasi dengan visi dan misinya untuk melestarikan batik Indramayu dan sebagai ajang pendidikan bagi masyarakat luas.
Description
: Carwati, Sosok Penerus dan Pelestari Batik Indramayu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Carwati, Sosok Penerus dan Pelestari Batik Indramayu

0 komentar:

Post a Comment