Tips Agar Menang Lomba Blog

Saturday, April 11, 2015
Tips Memenangkan Lomba Blog 
Belakang ini banyak sekali lomba blog yang diadakan oleh beberapa perusahaan atau instansi di dunia maya, baik lomba menulis, lomba foto blogging atau lomba-lomba yang lainnya. Kebanyakan perusahaan atau brand memanfaatkan lomba menulis di blog untuk lebih mengenalkan produknya, memperkenalkan situsnya, memantapkan produknya atau branding, mencari backlink dan lain sebagainya. 

Nah bagi Anda yang hobi menulis di blog, tetapi belum mengerti atau belum pernah menang lomba blog. Pada kesempatan ini kami ingin berbagi tips dengan pembaca bagaimana tips agar menang lomba blog. 

Berikut tips agar menang lomba blog
  1. Baca syarat dan ketentuan dengan teliti jangan sampai ada yang terlewat. 
  2. Tulisan harus sesuai dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia. 
  3. Tulisan harus istimewa, bisa dibedakan dengan peserta yang lain, kalau tulisannya biasa saja tidak akan dilirik oleh juri. Misalnya lengkapi gambar yang original atau disertai dengan video yang berhubungan dengan tulisan tersebut. 
  4. Postingan atau artikel jangan asal-asalan minimal 500 kata, lebih banyak lebih baik asal tidak copy paste dan tulisannya menarik. 
  5. Agar tulisan atau postingan Anda istimewa, cek competitor dengan Googling menggunakan kata kunci kontes blog atau baca blog orang lain. Sekarang biasanya lebih mudah dengan cara menggunakan hastag tertentu di twitter.
  6. Lihat peserta kontes blog lain isinya apa, infonya apa dan cari ide, angle, perspektif, format yang lebih bagus dari mereka. 
  7. Posisikan diri Anda sebagai juri, jadi juri tentu bisa melihat apakah tulisan tersebut layak jadi pemenang atau tidak. 
  8. Jangan menggunakan bahasa alay, menggunakan tulisan besar kecil atau warna-warni. 
  9. Jangan menggunakan pop up seperti Welcome to my blog!, karena akan mengganggu pembaca dan juga juri. 
  10. Jangan menggunakan audio otomatis. Pasalnya tidak semua orang suka dengan musik pada saat membuka blog bahkan mungkin kaget ketika speaker atau headset terpasang. 
  11. Jangan terlalu banyak banner-baner cari duit dan pasang iklan di blog. 
  12. Jangan menggunakan warna tampilan blog, tulisan dan template yang bikin sakit mata atau susah dibaca termasuk pemilihan font, jarak antar baris dan penulisan paragraph. 
  13. Jika mengambil artikel dari sumber lain sebaiknya tuliskan sumbernya. 
  14. Pengalaman pribadi biasanya lebih diutamakan, bukan cuma info tapi memang ada pengalaman yang Anda alami dan diceritakan lagi di blog. 
  15. Juri pada umumnya akan menilai blog dengan kriteria : Kreatifitas, Originalitas, Sesuai Tema, Subtansi/Ide dan pengoptimalan platform blog. 
Mudah-mudahan tips tadi bermanfaat untuk Anda. Kalau belum berhasil jangan menyerah dan ikut lagi lomba blog yang lain. 


2 komentar for Tips Agar Menang Lomba Blog: