Motif Batik Ini Dipercaya Sebagai Pelindung dan Mempercepat Kesembuhan

Sunday, April 5, 2015
Motif Batik Kembang Kapas

Batik merupakan ciri khas bangsa Indonesia dan sudah mendapat pengakuan dari UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Pada tanggal tersebut UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representative Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. 

Sejak saat itu batik selalu digaungkan dimana-mana termasuk dilingkungan kerja dan sekolah. Saat ini di sekolah-sekolah dan di instansi tertentu ada hari khusus menggunakan seragam batik ada yang hari Jumat ada pula yang hari Sabtu.

Gerakan menggunakan pakaian batik ini secara otomatis dapat meningkatkan taraf hidup pekerja, pengrajin, pengusaha dan pedagang batik di seluruh Indonesia. 

Batik Indonesia memiliki ciri khas masing-masing berdasarkan tempat pembuatannya. Nama batik pun terkadang digabung dengan daerah penghasil batik. Daerah-daerah penghasil batik di Indonesia seperti batik Solo, batik Yogya, batik Pekalongan, batik Madura, batik Bali, batik Cirebon, dan ada satu lagi daerah penghasil batik yang mungkin jarang diketahui orang yakni Batik Indramayu atau Batik Dermayon. 

Batik Indramayu memiliki ciri khas tersendiri yakni kebanyakan motif batiknya banyak menggambarkan binatang, tumbuh-tumbuhan dan peralatan yang ada di sekitar Indramayu dari zaman dulu hingga sekarang masih tetap lestari. Bahkan saat ini sudah 50 motif batik yang didaftarkan dan memiliki sertifikat hak cipta dari Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia. 

Salah satu motif batik Indramayu yang unik adalah Kembang Kapas. Pasalnya mitos yang berkembang di Masyarakat Indramayu bahwa motif Kembang Kapas dipercaya sebagai pelindung bagi anak yang sedang sakit dengan harapan cepat sembuh. Motif batik ini memang memiliki tingkat kesulitan pembuatan yang tinggi dan membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Hanya orang tua tertentu yang dengan sabar mau membuatnya sehingga bernilai tinggi secara harfiah dan bernilai sakral. Batik motif ini tergolong batik tua yang dikoleksi pada zaman dahulu sehingga sekarang.

1 komentar on Motif Batik Ini Dipercaya Sebagai Pelindung dan Mempercepat Kesembuhan

  1. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf kalau postingan saya menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya saya berharap ada yang sama seperti saya.perkenalkan terlebih dahulu saya aini andari tinggal di Padang,dulu saya penjual kue keliling himpitan ekonomi yang membuat saya seperti ini,saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap usaha,pada suatu malam saya buka internet tidak sengaja saya lihat postingan seseorang yang sama seperti saya tapi sudah berhasil,dia dibantu oleh nyi rawih tampa pikir panjang saya hubungi beliau saya dikasi pencerahaan dan dikasi solusi,awalnya saya tidak mau tapi sya beranikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar sekarang saya punya toko bangunan Jaya Abadi didaerah Padang,terimah kasih saya ucapkan pada Nyi rawih berkat beliau saya seprti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau nyi rawih beliau orangnya baik ini nomor beliau 082250546417 atau klik UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    ReplyDelete