Tips Menghemat BBM Untuk Mobil Anda

Wednesday, March 11, 2015
New Mitsubishi Mirage Sport (foto Kompas Otomotif)

Beberapa waktu yang lalu Pemerintah menaikkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak). Dengan naiknya harga BBM ini sudah pasti membuat pemilik kendaraan baik sepeda motor atau mobil mengeluarkan uang lebih banyak. Untuk itu sebagai pemilik kendaraan harus pintar-pintar mensiasatinya. 

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat berkendara agar kendaraan yang kita gunakan irit BBM. Tetapi hal ini jarang diperhatikan oleh pemilik kendaraan terutama pemilik mobil. Padahal jika menggunakan cara ini dijamin BBM (Bahan Bakar Minyak) yang digunakan bisa lebih irit dari biasanya.

Mau tau cara menghemat BBM untuk Mobil Anda?. Inilah caranya : 
  1. Rpm 1500 - 2000. Saat berkendara menggunakan mobil, sebaiknya meteran rpm (Rotation Per Minute) antara 1500 – 2000. Dengan rpm sebesar ini dipastikan BBM akan lebih irit dari biasanya. 
  2. Gunakan pedal gas secara smooth (halus). Saat mengendarai mobil sebaiknya menggunakan pedal gas secara halus jangan terburu-buru atau tergesa-gesa yang membuat pedal gas cepat dan turun tidak teratur. 
  3. Tidak memainkan AC (Air Condisioner). Jika kendaraan Anda dilengkapi dengan AC (Air Condisioner), sebaiknya jangan diotak-atik lagi setelah AC pada posisi suhu yang diinginkan. 
  4. Kurangi membelokkan mobil terlalu sering. Saat menggunakan mobil sebaiknya jangan terlalu sering membelokkan mobil terlalu sering maksudnya belak-belok terlalu sering untuk aktifitas yang tidak penting sebaiknya dihindari karena hal ini bisa membuat boros BBM. 
  5. Harus pintar melihat situasi jalan. Diusahakan saat mengendarai mobil tidak terlalu banyak berhenti untuk hal-hal yang tidak perlu kecuali karena jalanan macet atau karena lampu lalulintas dan ada kereta api lewat. 
Tips ini didapat dari Aris Havenda dalam acara Kompasiana Drive and Ride bareng Mitsubishi Mirage di Jakarta pada hari Minggu tanggal 8 Maret 2015. Mudah-mudahan tips tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar:

Post a Comment test