-->

Tips Aman Menghindari Begal dan Jambret Jalanan

Mar 6, 2015
Ilustrasi begal motor

Saat ini sedang marak tindak kriminal bernama begal. Tindak kriminal ini menimbulkan suatu ketakukan tersendiri di tengah masyarakat. Begal tidak hanya terjadi di daerah kota-kota besar tetapi di kota kecil atau di pinggiran Indramayu pun bisa terjadi. Masyarakat menjadi takut untuk keluar rumah pada malam hari menggunakan kendaraan bermotor, atau bepergian seorang diri. 

Tapi sebagai manusia tentu banyak hal yang harus dilakukan yang menuntut kita untuk terus beraktivitas. Untuk meredam ketakutan tersebut, Kapolres Indramayu AKBP Wijonarko memberikan tips aman menghindari tindak kriminali begal dan jambret jalanan.

Berikut Tips Aman Menghindari Begal dan Jambret Jalanan
  1. Hindari Lokasi yang Rawan Tindak Kriminalitas. Lokasi yang sepi dan tanpa penerangan biasanya menjadi sarang dari pelaku begal ataupun jembret jalanan. Para warga masyarakat diimbau untuk sebisa mungkin menghindari jalur tersebut, terutama di malam hari, karena sebagian besar tindak kriminal begal dan jambret jalanan terjadi pada malam hari. 
  2. Upayakan dalam Perjalanan Tidak Seorang Diri. Namun jika terpaksa harus melewati jalur yang rawan begal dan jambret tersebut, Kapolres Indramayu mengimbau kepada masyarakat untuk berkendara tidak seorang diri. Bisa beramai-ramai dengan pengendara lain, ataupun yang paling mudah adalah dengan berjalan di belakang mobil atau kerumunan motor. 
  3. Kurangi Aktivitas pada Malam Hari. Tindak kriminal begal dan jambret jalanan kebanyakan terjadi malam hari, oleh karenanya, Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan pada malam hari. Karena biar bagaimana pun, berkendara pada malam hari di jalanan Indramayu yang mayoritas adalah jalur persawahan dan perkebunan akan menambah resiko dibegal. 
  4. Jangan Sungkan Meminta Petugas Kepolisian Setempat untuk Mengantar . Jika ada kegiatan yang terpaksa dilakukan pada malam hari, para pengendara diimbau oleh Kapolres untuk jangan sungkan meminta bantuan polisi mengantarkan hingga tujuan. Kapolres Indramayu juga membuka akses bagi masyarakat untuk meminta tolong kepada polisi jika diperlukan. 
  5. Cek Kondisi Kendaraan dan Perlengkapan Tak bisa dipungkiri, sebelum kita mengantisipasi keberadaan begal dan jambret jalanan, kita terlebih dahulu harus mengecek kondisi dan perlengkapan kendaraan. Karena angka terjadinya kecelakaan jauh lebih besar dibanding angka kejahatan begal dan jambret jalanan. 
  6. Jangan Lupa Berdoa Sebelum Bepergian. Sebagai manusia yang beragama jangan lupa berdoa sebelum bepergian. Hal ini selain sebagai sarana memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga sebagai sarana agar berkendara bisa jauh lebih tenang dan nyaman.

4 komentar for Tips Aman Menghindari Begal dan Jambret Jalanan :

  1. Cuma kasih tips doang polisinya??? Ga bisa jamin keamanan donk. Kalo yang kerjanya kena sif repot

    ReplyDelete
  2. poin ke 4 adalah cara yg ter ga enak

    ReplyDelete
  3. tips yang bagus...

    untuk pengusaha showroom dan cuci mobil, silahkan klik :
    www.pabriksemirban.com

    ReplyDelete