Indramayu Heritage Trail, Perkenalkan Sejarah Kepada Generasi Muda

Tuesday, March 31, 2015
Indramayu Heritage Trail

Hari Minggu tanggal 29 Maret 2015 lalu, Indramayu diramaikan oleh acara bertajuk Indramayu Heritage Trail. Acara yang dipusatkan di Galeri Empat Belas Jl. Siliwangi No. T14 Indramayu ini banyak menyita perhatian masyarakat umum. 

Acara yang diawali dengan Deklarasi Perlindungan & Penyelamatan Bangunan Bersejarah di Indramayu yang dihadiri oleh perwakilan dari DPRD Indramayu, PEMKAB Indramayu , DISPORABUDPAR Indramayu, Dinas PU Cipta Karya Indramayu, DKP Indramayu, KODIM 0616 Indramayu, POLRES Indramayu, Bank BJB Indramayu, Bank BRI Indramayu, Bank BPR Karya Remaja Indramayu, POS Indramayu, PEGADAIAN Indramayu, Dewan Kesenian Indramayu, O I Indramayu, PEDAL Indramayu, FKPPI Indramayu, MPC PP Indramayu, KNPI Indramayu, KOMPEPAR Kota Indramayu, dan masyarakat Indramayu.
Deklarasi Perlindungan dan penyelamatan bangunan bersejarah

Selain deklarasi, acara ini juga untuk memperkenalkan berbagai benda-benda bersejarah dari Indramayu termasuk buku-buku yang berusia ratusan tahun yang dibawa oleh Ki Tarka, benda-benda seni yang dibawa oleh Dartin Yudha dan Dirot serta seniman lainnya. 

Indramayu Heritage Trail memang banyak yang mengartikan Jelajah dengan menggunakan sepeda motor trail. Padahal menurut penggagasnya yaitu Nang Sadewo, Trail sendiri artinya jelajah atau penjelajahan bukan berarti harus mengunakan motor trail, tetapi bisa juga menggunakan sepeda. 

 Seniman Indramayu

Menurut Inang atau mas Dewo, acara ini digunakan untuk memperkenalkan sejarah Indramayu kepada generasi muda sambil berolahraga dengan menggunakan sepeda baik sepeda onthel, sepeda biasa, sepeda bmx atau sepeda lainnya. 

Acara Jelajah Jejak Sejarah Kota Indramayu ini melintasi beberapa jalan yang dianggap memiliki sejarah penting bagi Indramayu. Acara dimulaii dari Jl . Siliwangi yang merupakan Kawasan Kota Tua Indramayu (Eks Kantor Penggilingan Padi Hindia Belanda, Jejak Penambat Kapal VOC, Situs Makam Buyut Brata, Monumen Nol Kilometer Indramayu, Eks Kantor Kolonial Administrator Hindia Belanda. 

Galeri Empat Belas di Jl. Siliwangi Indramayu 

Setelah itu lanjut ke Jl. Letjend Suprapto Kepandean - Kawasan Pasar Lawas Pecinan Indramayu - Kampoeng Arab - Tower Air Hindia Belanda / PDAM - Jejak Jalur Kereta Api Barang Hindia Belanda - Jejak Kota Tua JL . Veteran - NIHB Bank Hindia Belanda - Tiang Bendera Penanda Kota Indramayu Masa Pelabuhan Cimanuk). 

Mudah-mudahan dengan acara ini akan semakin banyak generasi muda yang mengetahui tentang sejarah Indramayu dan ingin belajar lebih dalam mengenai sejarah dan seni budaya daerahnya. 

Foto diambil dari Facebook Nang Sadewo

0 komentar:

Post a Comment test