Menikmati Keaslian Dodol Mangga Khas Indramayu

Dodol Mangga Khas Indramayu 
Kalau mendengar buah mangga pasti identik dengan kota Indramayu. Saat musim buah mangga hampir setiap tempat, seperti pasar dan di pinggir jalan di Indramayu dipenuhi dengan penjual mangga. Bahkan tidak sedikit buah mangga yang banyak dan tidak laku dibiarkan begitu saja hingga membusuk. 

Ini membuat Ibu Maftukhah dari Blok Anjun Desa Tenajar Lor Kertasemaya Kabupaten Indramayu tergerak untuk memanfaatkan buah mangga yang banyak tumbuh di sekitar rumahnya tersebut untuk diolah menjadi panganan yang tahan lama.

Ibu Maftukhah Pemilik Dodol Mangga Karwek

Atas saran dari ibunya (Ibu Mutimah), dia pun membuat dodol mangga. Tetapi dodol mangga buatannya berbeda dengan dodol mangga yang ada di pasaran atau supermarket. Karena produk buatannya tidak menggunakan bahan pengawet dan tidak menggunakan agar-agar. 

Untuk membedakan keaslian dodol mangga khas Indramayu buatan Ibu Maftukhah dengan dodol mangga yang lain adalah terletak pada dodolnya. Dodol mangga buatan Ibu Maftukhah dengan merek Karwek ini pasti lengket di plastik pembungkusnya, sementara dodol mangga yang tidak lengket menggunakan agar-agar sehingga tidak lengket di plastik tetapi rasa gulanya masih terasa. 
Dodol Mangga Indramayu asli
Dodol mangga khas Indramayu yang asli tentu berasal dari mangga asli. Ada dua tipe mangga yang digunakan yakni mangga yang sudah matang dan mangga yang belum terlalu matang. Perbedaannya pada warnanya, jika menggunakan mangga yang masih mudah atau belum terlalu matang, warna dodolnya coklat pekat, sementara untuk dodol yang menggunakan mangga yang sudah matang warnanya coklat muda. 

Usaha dodol mangga ini awalnya untuk panganan pelanggan toko kuenya, saat menunggu kuenya jadi Ibu Maftukhah biasanya menyuguhi tamunya dengan dodol mangga. Tetapi dari panganan untuk tamu tersebut tidak sedikit pelanggannya membeli untuk oleh-oleh untuk keluarganya dari kota lain. 

Harga satu pak dodol mangga ini dijual dengan harga Rp.40.000,- dan saat ini sudah banyak peminatnya baik dari wilayah Indramayu sendiri maupun dari daerah lain. Agar usahanya legal dan terjamin kebersihan dan kandungan gizinya, pihaknya sedang mengusulkan untuk mendapat ijin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu. 

Dodol mangga ini tidak menutup kemungkinan akan menjadi makanan atau oleh-oleh khas Indramayu yang go internasional jika diolah dan dikemas secara menarik. Walaupun memang kadang terkendala dengan bahan baku buah mangganya yang masih tergantung musim. Tetapi usaha Ibu Maftukhah ini perlu diapresiasi. 

Bagi Anda yang ingin membeli produk dodol mangga khas Indramayu silakan menghubungi : 

Ibu Maftukhah 
Blok Anjun Desa Tenajar Lor Kertasemaya Kabupaten Indramayu 45274 
No. Telepon. 087727648530
Description
: Menikmati Keaslian Dodol Mangga Khas Indramayu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Menikmati Keaslian Dodol Mangga Khas Indramayu

6 komentar:

Karwek Cake Bakery said...

Terima kasih sudah berkunjung ke tempat kami^_^

nikmatnya-makan-lempah-kuning-bangka-saat-hujan-turun said...

Dodol mangga saya belum pernah makan, pasti enak banget. Nanti kalau ke Indramayu beli.

Kang Didno said...

silakan ditunggu kedatangannya di Indramayu

Cahyono Toryan said...

pen beli dodol indramayu buat oleh"...gmna y

Cahyono Toryan said...

pen beli dodol indramayu buat oleh"...gmna y

Kang Didno said...

silakan follow twitter @KarwekCake

Post a Comment