Sadewo Perkenalkan Indramayu Lewat Foto

Sadewo foto dari facebook

Sadewo atau nama aslinya Sulaeman Indrajaya dikenal sebagai fotografer dan jurnalis kelahiran Lembahabang Indramayu. Sadewo hobi meliput dan memotret momen bersejarah di Indramayu ini akhirnya membawanya menekuni hobi mencari foto sejarah Indramayu. 

Beberapa waktu yang lalu dia bersama temannya-teman IDE-nya (Indramayu Ethnic) mengadakan acara 242 Tahun Bandar Cimanuk di taman kota yang kini dikenal sebagai Taman Cimanuk. Di acara ini dia memamerkan foto tentang sejarah Indramayu.

Pada kesempatan ini foto yang dipamerkan sekitar 20 foto tetapi cukup menarik banyak pengunjung terutama kawula muda. Karena menurutnya baru ada pameran tentang sejarah Indramayu melalui foto. Foto-foto yang dipajang tersebut dengan latar sebelum kemerdekaan hingga setelah kemerdekaan. 

Foto yang dipajang menurutnya adalah kebanyakan foto repro, tetapi untuk mendapatkan foto-foto tersebut bukan perkara mudah. Pasalnya ada beberapa foto dari para fotografer senior dan bahkan ada yang diambil dari negara lain seperti Belanda. 
Pameran Foto di Bantaran Sungai Cimanuk

Karena foto tersebut di Indonesia tidak ada yang memiliki. Menurutnya foto-foto tersebut adalah bagian dari sejarah Indramayu yang kebanyakan orang Indramayunya sendiri tidak mengetahuinya. Di foto yang dipamerkannya ada beberapa foto yang menarik pengunjung mengetahuinya salah satunya foto bandar Cimanuk. 

Bandar Cimanuk adalah Pelabuhan Cimanuk yang letaknya dari belakang Masjid Agung Indramayu sekarang sampai pesisir pantai. Bandar Cimanuk atau pelabuhan Cimanuk ini merupakan salah satu pelabuhan besar di Pulau Jawa dan menjadi akses penting bagi perdagangan dunia. 

Selain itu banyak juga foto-foto yang menampilkan aktivitas warga Indramayu seperti menenun batik di Paoman yang berasal dari kata Pa Omahan atau Perumahan. Selain itu ada juga foto-foto bangunan tua bersejarah yang sampai kini masih berdiri kokoh. 

Mudah-mudahan dengan pameran foto tentang sejarah Indramayu ini banyak masyarakat Indramayu yang tertarik untuk mempelajari sejarah Indramayu dan tidak melupakan budayanya sendiri.
Description
: Sadewo Perkenalkan Indramayu Lewat Foto
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Sadewo Perkenalkan Indramayu Lewat Foto

2 komentar:

Titik Asa said...

Wah, acaranya menarik banget. Sayangnya saya tidak dapat informasi jauh hari sebelum acara ini berlangsung. Ingin sekali hadir di acara bertema budaya lokal seperti ini.

Salam dari saya di Sukabumi,

Kang Didno said...

iya pa nanti kapan-kapan akan saya share lagi kalo ada informasi budaya di Indramayu

Post a Comment