Indramayu Juga Punya Tugu Nol Kilometer

Thursday, January 22, 2015
Tugu Nol Km Indramayu

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa sebenarnya Kota Indramayu memiliki tugu 0 km (nol kilometer). Tugu Nol Kilometer atau Tugu Titik 0 (Nol) menjadi titik awal untuk menghitung jarak dari Indramayu ke daerah lain. Letaknya berada tidak jauh dari Alun-alun atau Pendopo Kota Indramayu Jawa Barat. 

Peninggalan bersejarah ini letaknya di sekitar jembatan yang dulu pernah populer dengan nama “Kreteg Sorog”. Patok beton yang ditengahnya diduga terbuat dari besa bulat berdiameter sekitar 20 km ini menjadi titik awal menghitung jarak Indramayu sejak penjajahan Belanda dulu.

Tugu Nol Kilometer dibangun sejak masa penjajahan Belanda gelombang pertama sekitar tahun 1837. Tugu ini konon pernah mengalami rehabilitasi setelah kemerdekaan yakni pada tahun 1947, ketika itu tengah terjadi pergolakan politik di Bumi Wiralodra Indramayu. 

Pada saat itu penjajah Belanda ingin membumihanguskan beberapa wilayah Indramayu untuk dijadikan daerah jajahannya. Bahkan, pelabuhan Indramayu yang berada di kawasan Cimanuk Indramayu (sekarang Taman Cimanuk) yang pada saat itu menjadi sarana untuk mengangkut barang yang telah dikuasainya. 

Namun upaya itu gagal, karena para pejuang Indramayu di bawah kepemimpinan M.A. Sentot yang menjadi penglima perang berbendera “Pasukan Setan” melakukan perlawanan sengit dalam rangka mengusir penjajah walaupun banyak jatuh korban jiwa. 

Di bawah komando M.A Sentot, pasukan dari Indramayu berhasil membuat tentara Belanda kocar-kacir, yang tersisa kini, sejumlah bangunan bersejarah peninggalan semasa penjajahan Belanda ayang masuk dalam kategori Benda Cagar Budaya, hingga kini masih banyak yang berdiri, walaupun beberapa bangunan kondisinya sangat memprihatinkan. 

Beruntung tugu “0” kilometer Indramayu tidak lenyap ditelan perkembangan zaman. Selain itu kini dibangun kembali Taman Cimanuk yang dulunya menjadi Bandar atau Pelabuhan Besar di Pulau Jawa. 

Dikutip dari Satimterus

1 komentar on Indramayu Juga Punya Tugu Nol Kilometer

  1. Hampir tiap kota ada tempat nol KM, ini untuk tanda titik awal dari kota tersebut. Biasanya terdapat di pusat kota.

    ReplyDelete