Setuju Atau Tidak Indramayu Dibagi Dua?

Tuesday, December 9, 2014
Spanduk pemekaran Indramayu Barat sudah dipasang di beberapa tempat

Indramayu akan dimekarkan menjadi dua kabupaten yaitu Indramayu Timur dan Indramayu Barat. Sejak lama Indramayu akan dimekarkan tetapi cuma wacana saja, tetapi sekarang berbagai spanduk sudah dipasang yang intinya pemerintah daerah Indramayu sudah menyetujui dan mendukung untuk pemekaran kabupaten Indramayu.

Cuma karena ada kebijakan dari pemerintah pusat yang menghentikan sementara pemekaran kabupaten, kota dan propinsi seluruh Indonesia akhirnya proses pembentukan kabupaten Indramayu Barat pun jadi dihentikan.

Tapi sebenarnya proses pemekaran kabupaten Indramayu Barat banyak yang pro dan kontra. Bagi yang pro dengan terbentuknya kabupaten Indramayu Barat, dengan adanya kabupaten baru secara otomatis akan memberikan peluang kerja bagi masyarakat karena kabupaten baru otomatis memerlukan banyak aparatur untuk bekerja di lingkungan pemerintahan, dinas atau instansi tertentu.

Selain itu dengan adanya pemekaran diharapkan adanya pemerataan pembangunan, sementara ini terkesan pembangunan fisik hanya ada di Kota Indramayu dan Indramayu bagian Timur saja, sementara Indramayu Barat pembangunan fisiknya belum merata bahkan bisa dikatakan tertinggal.

Dengan terbentuknya kabupaten baru otomatis terdapat pusat pemerintahan yang baru. Sementara ini ada beberapa wacana jika Kabupaten Indramayu Barat terbentuk. Ada yang berkeinginan Kecamatan Kandanghaur, Losarang, dan Haurgeulis yang menjadi pusat ibu kota Kabupaten Indramayu Barat. Tentu saja dengan adanya pusat pemerintahan yang baru diharapkan akan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Sementara itu bagi yang kontra, dengan terbentuknya kabupaten Indramayu Barat maka Indramayu tidak menjadi satu kesatuan yang utuh lagi. Sementara ini Indramayu hanya satu yang terkenal dengan mangga Indramayunya yaitu mangga harum manis. Kalau dibagi dua sama saja memecah belah Indramayu.

Selain itu pembentukan kabupaten Indramayu Barat ini bukan kehendak rakyat Indramayu tetapi hanya untuk kepentingan politik semata. Sementara masyarakatnya hanya menginginkan pemerataan pembangunan tidak hanya untuk daerah perkotaan saja, tetapi juga di daerah pedesaan.

Pada kesempatan ini kami ingin mengadakan jajak pendapat Setuju atau tidak Indramayu dibagi dua?

Silakan masukan poling Anda disini :

3 komentar for Setuju Atau Tidak Indramayu Dibagi Dua?:

  1. saya setuju, silahkan mangga harum manis nya buat indramayu timur aja, klo indramayu barat itu mangga cengkir khas indramayu, silahkan cek di ibu kota yg di namakan mangga indramayu itu ya mangga cengkir bukan harum manis yg di jadikan tugu bundaran mangga di indramayu timur.

    ReplyDelete
  2. saya setuju untuk jadi kab.indramayu barat..karna saya orang Haurgeulis sangat kejauhan apabila harus mengurus sesuatu tatapi harus ke kota indramayunya..seperti bikin sim dan bikin skck...

    ReplyDelete
  3. Saya juga setuju. Rakyat Indramayu Barat mengharapkan perombakan birokrasi, stop dinasti. Pembangunan di barat semakin merata, akses ke pusat jadi lebih dekat!

    ReplyDelete