Sirup Mangga Jadi Primadona di Bandung

Stand Indramayu di Hari Aksara Internasional 2014

Tahun ini, Kabupaten Bandung menjadi tuan rumah penyelenggaraan Peringatan Hari Aksara Internasional ke-49 yang diselenggarakan sejak Jumat (31/10) hingga hari ini. Peringatan yang diselenggarakan di Lapangan Upakarti Kompleks Pemda Kabupaten Bandung di Soreang ini dimeriahkan oleh panggung gembira dan beragam penampilan dari 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat. 


Tidak hanya itu, seluruh kontingen dari Jawa Barat mengisi tenda-tenda pameran untuk unjuk potensi dari daerahnya masing-masing di acara yang digelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tersebut. Tidak ketinggalan, Kabupaten Indramayu juga ikut serta memamerkan produk-produk unggulannya.

Stand Kabupaten Indramayu diisi oleh perwakilan dari Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Imas Indah yang memamerkan produk keterampilan khas Kota Mangga seperti abon ikan peda, kerupuk bonggol pisang, keripik tike, batik paoman, serta sirup mangga yang menjadi primadona di stand tersebut. 

Bude, penanggung jawab stand Indramayu memaparkan, seluruh produk yang ditampilkan di stand merupakan hasil dari peserta didik di LKP yang berlokasi di Tegalurung, Blok Sigong Kecamatan Balongan Indramayu. Selama tiga hari mengikuti Peringatan Hari Aksara Internasional ini, tidak tanggung-tanggung, keripik tike dan sirup mangga gedong habis diminati pengunjung stand yang berasal dari beragam daerah.

Dijelaskan oleh salah satu penjaga stand, sirup mangga yang ditawarkan di stand Indramayu berbeda dari sirup mangga yang ada di pasaran. Ia menjelaskan, sirup ini terbuat dari buah mangga dan gula asli dengan proses pembuatan yang sederhana. Dikemas dalam botol ukuran 600 ml, sirup mangga aneka varian (gedong, danas, dan lain-lain) dibanderol seharga Rp 22.000,-. Selain dijual dalam kemasan botol, strategi penjualan yang diterapkan para wong Dermayu ini adalah dengan menjual sirup mangga gedong dingin siap minum seharga Rp 5.000,- per gelas yang terbukti laris terjual di tengah cuaca panas Soreang. Rasanya manis dan segar, mirip dengan rasa asli mangga gedong.

Melalui Peringatan Hari Aksara ini, Bude berharap sirup mangga serta produk-produk khas Indramayu lainnya dapat dikenal oleh masyarakat Jawa Barat dan dapat turut bersaing dengan produk unggulan daerah lain.
Description
: Sirup Mangga Jadi Primadona di Bandung
Rating
: 4.5
Reviewer
: intan kuswo
ItemReviewed
: Sirup Mangga Jadi Primadona di Bandung

0 komentar:

Post a Comment